Jokowi 'Tegur' Jajaran: Jangan Sampai Covid-19 Belum Tertangani Kita Sudah Restart Ekonomi, Ini Berbahaya, Kesehatan Harus Nomer Satu!

Oleh : Candra Mata | Senin, 07 September 2020 - 16:58 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan krisis ekonomi yang terjadi akibat Covid-19 akan membaik bila masalah kesehatan dapat diatasi.

Menurutnya, fokus utama pemerintah saat ini adalah pada penanganan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

"Kunci agar ekonomi kita baik adalah kesehatan yang baik. Kesehatan yang baik akan menjadikan ekonomi kita baik. Ini artinya, fokus utama pemerintah dalam penanganan pandemi ialah kesehatan dan keselamatan masyarakat," ujar Jokowi dalam ratas dengan para Menteri secara virtual di Istana Merdeka Jakarta, Senin (7/9).

Dalam kesempatan itu, Jokowi menegaskan kepada jajarannya untuk pentingnya menerapkan strategi rem dan gas dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Jangan sampai urusan kesehatan ini belum tertangani dengan baik, kita sudah  me-restart di bidang ekonomi," ujarnya.

"Ini berbahaya. Kesehatan tetap nomor satu," tegas Jokowi.

Perlu diketahui, sejak kamis (3/9) lalu berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 telah terjadi penambahan kasus positif covid-19 baru diatas 3 ribu kasus selama empat hari berturut turut.

Adapun total akumulasi jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia pada Senin pagi (7/9) telah mencapai sebanyak 194.109 kasus. 

Sementara pasien sembuh sebanyak 138.575 kasus, sedangkan pasien positif yang meninggal berjumlah 8.025 kasus.