Muhammadiyah 'Jewer' Nadiem Soal Zona Kuning

Oleh : Wiyanto | Senin, 10 Agustus 2020 - 15:36 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan Menengah mengizinkan zona kuning untuk belajar tatap muka mendapat cibiran dari PP Muhammadiyah.

Ketua Majelis Pendidikan Dasar PP Muhammadiyah, Kasiyarno mengatakan, kebijakan tersebut bisa berdampak klaster baru di lingkungan sekolah.

"Kalau kementerian mau membuka kan pasti ada kemungkinan menjadi penyebab klaster baru di kemudian hari. Jadi saya kira tidak harus gegabah lah dalam hal ini," kata Kasiyarno Senin (10/8). Lansir CNN Indonesia.

Kasiyarno mengatakan sekolah yang berada di zona kuning Covid-19 tetap menggelar pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama wilayah tersebut belum berubah menjadi zona hijau. Ia khawatir zona kuning belum benar-benar aman dari penyebaran virus corona.

Di sisi lain, Kasiryano mempertanyakan pengawasan pemerintah dalam pembukaan sekolah yang sudah dilakukan di zona hijau. Hingga kini pemerintah belum menyampaikan data pasti jumlah sekolah yang dibuka dan keadaan protokol kesehatan di masing-masing sekolah tersebut.

"Karena datanya juga masih simpang siur kan. Laporan datanya sekarang belum jelas," ujarnya.