Ekonomi Minus 5,32%, Sandiaga Uno: We Have Bottomed Out, Jika Mau Selamat Percepat Realisasi Dana PEN

Oleh : Nata Kesuma | Minggu, 09 Agustus 2020 - 07:09 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pengusaha nasional sekaligus mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno enghadiri penandatanganan kerjasama antara Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan Komite Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Entrepreneur (KAHMIPreneur).

Sandi yang juga merupakan salah satu pendiri KAHMIPreuner menyampaikan bahwa we have bottomed out. Indonesia sudah mencapai dasar dari koreksi perekonomian dan sudah berada di tahap awal tren akan kembali naik.

"Di kuartal II-2020 ini pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi -5,32%," kata Sandi di BEI Jakarta Jumat (8/8).

Ditegaskannya, jika kuartal ketiga ekonomi Indonesia mau selamat, maka skema penyaluran dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) ke Pemerintah Daerah dan UMKM harus dipercepat realisasinya. 

Pemda dan UMKM menurutnya juga harus menjadi garda terdepan dalam penyerapan anggaran penggerak sektor riil.

"Saya sangat berharap pemerintah dapat segera mempercepat realisasi program pemulihan ekonomi untuk menghindari resesi," ujarnya.

"Percepatan yang harus dikebut dari program PEN adalah penyaluran anggaran kesehatan, bantuan sosial (bansos) untuk mendongkrak konsumsi masyarakat, dan dorongan pada sektor UMKM serta korporasi pada industri padat karya," pungkas Sandi.