Indonesia Cetak Rekor Tertinggi 2.657 Kasus per Hari, Jokowi: Ini Lampu Merah Buat Kita

Oleh : Nata Kesuma | Jumat, 10 Juli 2020 - 10:43 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Indonesia mencatatkan rekor penambahan kasus harian tertinggi Covid-19 sebanyak 2.657 pada hari Kamis (9/7).

Angka tersebut merupakan jumlah kasus baru tertinggi sejak kasus pertama Covid-19 diumumkan Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020.

"Ini lampu merah buat kita," tulis Presiden Jokowi di lansir redaksi INDUSTRY.co.id dari laman media sosial miliknya Jumat (10/7).

"Saat angka penyebaran Covid-19 ini diumumkan kemarin, saya tengah berada di Kalimantan Tengah untuk kunjungan kerja sehari. Dalam kunjungan ke Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah, saya mengingatkan pemerintah daerah agar tetap berhati-hati dalam mengendalikan sebaran pandemi Covid-19 di daerahnya," ungkap Jokowi. 

Jokowi meminta daerah tidak terlena dengan angka positif Covid-19 yang rendah di daerahnya dan tidak menganggap enteng pandemi ini.

"Penyebaran Covid-19 di seluruh Tanah Air ini sangat tergantung kepada bagaimana daerah mengendalikannya," ujarnya. 

Ia mencontohkan, Provinsi Kalimantan Tengah misalnya, sampai kemarin tercatat kasus positif Covid-19 mencapai 1.093 orang, dalam perawatan sebanyak 393 orang, sembuh sebanyak 634 orang, dan meninggal 66 orang. 

"Kalau angka yang masih kecil ini tidak dikendalikan dengan baik, hati-hati .... angkanya bisa bertambah banyak," jelasnya. 

"Jadi, sekali lagi, di era pandemi ini, mengendalikan dua hal -- kesehatan dan ekonomi -- sangatlah penting. Kesehatan tetap harus menjadi prioritas, meski perekonomian juga harus tetap bisa berjalan," pungkas Jokowi. 

Hingga berita ini diturunkan, postingan Presiden Jokowi telah dobagikan lebih dari 600 kali dan disukai lebih dari 22 ribu likes.