ITDC Kembali Salurkan Masker Bagi Pedagang Asongan

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 06 Juli 2020 - 09:10 WIB

INDUSTRY.co.id - The Mandalika – Di tengah pandemic Covid-19, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok, NTB, terus memeberika bantuan salah satunya dengan menyalurkan bantuan 250 masker kain yang ditujukan bagi pedagang asongan di The Mandalika.

Bantuan yang merupakan kerjasama ITDC dengan BNI dan BRI ini diberikan kepada para pedagang sebagai upaya mempertahankan area The Mandalika sebagai area bebas Covid-19 dalam memasuki tahapan new normal pariwisata.

250 masker tersebut diserahkan oleh Operations Head The Mandalika I Made Pari Wijaya dan perwakilan BRI dan BNI yang diterima langsung oleh para Pedagang Asongan berada di Kawasan Kuta Beach Park, The Mandalika.

Penyaluran masker bagi pedagang asongan ini juga merupakan bagian dari program ITDC Lawan Corona untuk mendukung pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di area The Mandalika dan sekitarnya.

“Memasuki tahapan new normal pariwisata, Kawasan Pariwisata The Mandalika akan dibuka kembali untuk umum yang artinya wisatawan akan mulai berdatangan. Mengingat pedagang asongan merupakan salah satu pihak di dalam kawasan yang akan berhadapan langsung dengan wisatawan, maka penggunaan masker oleh para pedagang asongan ini menjadisebuah kebutuhan yang mutlak untuk mencegah kemungkinan penularan Covid-19,” ujar Managing Director The Mandalika, I Wayan Karioka melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Minggu (5/7/2020).

“Sejauh ini, belum terdeteksisatupun kasus positif atau pasien Covid-19 baik di lingkungan pengelola kawasan, lingkungan stakeholder kawasan, maupun di lokasi proyek-proyek konstruksi di dalam kawasan. Untuk mempertahankan status bebas Covid-19 ini, khususnya memasuki tahapan new normal pariwisata, kami telah memasang peringatan untuk tetap menggunakan masker saat mengunjungi Kawasan The Mandalika,” tambah Operations Head The Mandalika, I Made Pari Wijaya.

Sebelumnya, melalui program Community Collaboration, ITDC telah mensosialisasikan informasi gerakan pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun dan Masker Untuk Semua melaluispanduk, poster, dan flyer bersama komunitas-komunitaslokal di The Mandalika dan sekitarnya.

Informasi tersebuttelah dipasang pada areaarea strategis di The Mandalika seperti tempat akomodasi, lapak pedagang, dan Kantor Desa Penyangga serta dibagikan kepada masyarakat hingga pelosok desa.

ITDC berharap, penyaluran bantuan masker kepada pedagang asongan dan sosialisasi protokol kesehatan ini dapat menjadi pengingat bagi masyarakat untuk terusmenjaga diri dari kemungkinan penularan Covid19.

“Selaku pengelola kawasan, kami berharap seluruh stakeholder The Mandalika, baik pengunjung, masyarakat, maupun para pelaku usaha, dapat terus menerapkan protokol kesehatan secara disiplin sebagai upaya bersama dalam mencegah penularan Covid-19,” tutup Karioka.