Menkop Lepas Ekspor Produk Furnitur Dari Jateng ke Luar Negeri

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 13 April 2017 - 12:54 WIB

INDUSTRY.co.id , Semarang - Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga secara resmi melepas produk furnitur untuk diekspor ke Jepang dan Belanda dari Kawasan Industri Tambak Aji, Semarang Barat, Jawa Tengah.

"Kami berharap upaya ini menjadi langkah awal bagi UKM lain di Indonesia untuk memperluas pemasaran dan jaringan usaha," kata Puspayoga, di Semarang, Kamis (13/4/2017)

Pada kesempatan itu sebanyak 5 kontainer produk furnitur termasuk meja, almari, dan kursi-kursi dikirimkan ke pembeli di Belanda dan Jepang.

Dua UKM yang bersinergi untuk mengekspor produknya ke beberapa pembeli di luar negeri pada kesempatan tersebut yakni Ina Culture Product (ICP) Prima dan UD Permata Furni.

Kedua usaha tersebut juga telah lama menjadi mitra Lembaga Layanan Pemasaran (LLP)-KUKM dan telah mendisplai produknya di Galeri Indonesia Wow Gedung Smesco Jakarta di areal seluas 210 m2 sejak 2007.

Menteri Puspayoga mengatakan, pihaknya terus memfasilitasi UKM untuk membuka pasar-pasar baru yang potensial di tengah lesunya bisnis produk furnitur dalam beberapa waktu terakhir.

"Belanda ini pasar yang baru, kita jajaki dan ini diharapkan bisa menjadi pasar produk UKM kita yang potensinya besar," katanya.

Puspayoga menambahkan ia bahkan sempat mengunjungi Belanda dan Amerika Serikat akhir tahun lalu salah satunya untuk melihat sendiri potensi pasar produk UKM di negara tersebut.