Tahan Imbang Vietnam 2-2, Timnas Indonesia Pastikan Maju Ke Babak Final AFF 2016

Oleh : Hariyanto | Kamis, 08 Desember 2016 - 10:14 WIB

INDUSTRY.co.id - Hanoi, Timnas Indonesia akhirnya mendapatkan satu tempat di babak final Piala AFF 2016 usai memetik kemenangan agregat 4-3 atas Vietnam di babak semifinal.

Pada leg kedua yang dimainkan di My Dinh Stadium, (7/12) malam WIB, Indonesia meraih kemenangan 2-1 di leg pertama, sukses menahan imbang Vietnam 2-2 pada leg kedua.

Pada waktu normal 90 menit Vietnam sempat membuat suporter indonesia patah semangat karna mampu memenangkan laga dengan skor 2-1.

Indonesia yang sempat unggul di menit ke-54 melalui Stefano Lilipaly harus dipaksa bekerja lebih keras setelah Vietnam mampu membalas melalui dua gol Thanh Vu Van di menit ke-83 dan juga Tuan Vu Minh pada menit ke-90+3.

Laga ini juga diwarnai dengan pengusirnya kiper Vietnam, Manh Tran Nguyen akibat protes kerasnya kepada wasit pada menit ke-77. Skor agregat sama kuat 3-3 pun memaksa laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, dewi fortuna akhirnya berpihak kepada Indonesia. Wasit memberikan hadiah penalti pada menit ke-96 usai Ngoc Hai Que menjatuhkan Ferdinand Sinaga yang berdiri bebas di kotak terlarang.Eksekusi penalti pun mampu dijalankan dengan baik oleh Manahati Lestusen. Skor pun menjadi imbang 2-2.

Di sisa akhir laga, pemain-pemain Vietnam terus mengurung pertahanan Indonesia, namun terburu-burunya pemain tim tuan rumah dalam eksekusi penyelesaian akhir membuat tak ada satu pun gol tambahan di laga ini.

Skor 2-2 pun bertahan hingga peluit akhir tanda berakhirnya laga dibunyikan. Hasil ini membuat Indonesia memastikan satu tempat di partai final Piala AFF 2016 berbekal kemenangan dengan agregat total 4-3.