Kemenkop dan UKM Resmi Luncurkan Gerakan Go Online

Oleh : Ridwan | Jumat, 31 Maret 2017 - 14:17 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Kementerian koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) hari ini resmi meluncurkan gerakan 100.000 UMKM, Go Online di Jakarta. Gerakan Go Online ini dilaksanakan secara serentak di 30 kota atau kabupaten di seluruh Indonesia sejak 31 Maret hingga 2 april 2017.

Go Online ini merupakan bentuk dukungan sekaligus perwujudan komitmen Kementerian koperasi dan Usaha kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) dengan kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam mengoptimalkan penjualan produk para UMKM melalui platform digital.

“Gerakan ini adalah sebuah upaya dari pemerintah untuk tetap hadir dan ikut membantu UMKM agar bisa masuk ke dunia digital dan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan daya saing,” ungkap Menteri koperasi dan usaha kecil dan Menengah (Menkop UKM), Anak Agung GN Puspayoga di Jakarta (31/3/2017).

Saat ini pasar digital di Indonesia sangat potensial dan harus dikelola dengan baik oleh pemerintah beserta stakeholders lainnya. Di Indonesia, kurang lebih ada sekitar 132 juta pengguna internet saat ini, dan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) ada sekitar 59 juta UMKM di Indonesia.

“Dengan data UMKM sebanyak itu, kita harus kelola dengan baik, bagaimana kita bisa beri pelatihan yang maksimal, pembiayaan dengan bunga ringan bagi UKM, ini sangat strategis,” terangnya.

Menurut Puspayoga, dalam pemerataan ekonomi yang berkeadilan harus terjadi pemerataan kesejahteraan yang dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Pertumbuhan ekonomi meningkat, harus terjadi pemerataan kesejahteraan dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.