Tahun Ini Arwana Citramulia Targetkan Penjualan Tumbuh 40%

Oleh : Hariyanto | Senin, 27 Maret 2017 - 20:54 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta,  PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) targetkan penjualan tahun ini tumbuh 40% dibandingkan tahun sebelumnya dengan strategi penambahan kapasitas produksi keramik.

"Total kapasitas produksi terpasang keramik saat ini mencapai 60 juta meter persegi (m2) per tahun. Jumlah ini naik dari sebelumnya yang hanya 49,37 juta m2 per tahun dan per tahun dan perusahaan lebih banyak kembali ke product mix, efisiensi ke dalam dan meningkatkan produktivitas," kata CEO PT Arwana Citramulia, Tandean Rustandy kepada pers di Jakarta, Senin (27/3/2017).

Saat ini, total kapasitas produksi dari kelima pabrik yang beroperasi sebanyak 150.000 m2 per hari. Sementara jumlah tenaga kerja dari kelima pabrik tersebut sebanyak 2.600 orang.

Perseroan sendiri telah mengembangkan usahanya di daerah Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan serta melakukan perluasan kapasitas produksi terpasang dengan pembangunan pabrik kelima di Mojokerto, Jawa Timur.

Terkait dengan harga jual, menurut Rustandy, perseroan belum akan menaikkan harga keramik. Penyebabnya, kondisi ekonomi masih sangat berat.

"Perusahaan lebih mengutamakan untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri terutama kalangan bawah. Hal itu sesuai dengan visi Arwana, bagaimana memberikan kontribusi yang berarti bagi bangsa dan negara serta masyarakat," papar dia.

Saat ini, lanjut Rustandy, perusahaan sudah memiliki strategi jangka panjang untuk lima tahun mendatang. Ke depan, perusahaan akan menambah kapasitas produksi melalui investasi perluasan pabrik yang sudah ada.

"Kami melakukan investasi setiap tahun untuk mengembangkan pabrik yang sudah ada," tutur Rustandy. (Hry/ Imq)