Puspayoga Akan Resmikan PLUT dan Kampung UKM Digital Kota Malang

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 26 Maret 2017 - 09:59 WIB

INDUSTRY.co.id, Malang- Kementerian Koperasi dan UKM RI memperkuat peran dan fungsi Pusat Layanan Usaha Terpadu (Plut) KUMKM di Kabupaten Malang, Jawa Timur melalui program Kampung UKM Digital kerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

"Sehingga diharapkan nantinya seluruh pelaku usaha kecil menengah mendapatkan kemudahan dalam hal pemasaran (online)," kata Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Kemenkop UKM, Yuana Sutyowati melalui siaran pers yang diterima Sabtu (25/3/2017).

Plut KUMKM Kabupaten Malang baru selesai dibangun melalui program tugas pembantuan yang bersumber dari APBN Kemenkop UKM tahun anggaran 2016. Gedung tersebut selanjutnya akan dihibahkan kepada pemerintah daerah.

Yuana mengatakan dengan adanya Plut ini, masyarakat akan lebih memanfaatkan layanan konsultasi dan pendampingan untuk meningkatkan akses terhadap pembiayaan, pemasaran, IT dan jaringan usaha. Layanan KUMKM diberikan kepada pelaku usaha dan wirausaha baru.

"Dengan adanya konsultan pendamping Plut KUMKM ini pelaku usaha dapat mengembangkan bisnisnya. Hanya saja, pemerintah tetap wajib berperan serta dalam pembinaan dan kebijakan," tukas Yuana.

Kabupaten Malang saat ini memiliki 418 ribu UMKM tersebar di 33 kecamatan. Namun UMKM masih mengalami kendala dalam hal pemasaran, teknologi dan permodalan.