Gerak Cepat Batalyon Intai Amfibi Korps Marinir Bebaskan Sandera

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 Desember 2019 - 05:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Lampung-Prajurit Batalion Intai Amfibi (Yon Taifib) yang tergabung dari Yontaifib1 Mar Jakarta, Yontaifib 2 Mar Surabaya dan Yontaifib 3 Mar Sorong menggelar latihan lanjutan TW IV TA. 2019 di Dermaga Caligi Teluk Pandan pesawaran Lampung. Selasa (03/12/2019 ).

Latihan yang dipimpin langsung oleh Danyon taifib 1 Mar ( Komandan Batalyon Intai Amfibi ) Jakarta Mayor Marinir Tantahara, S, AP.M., Tr. Opsla melaksanakan beberapa rangkaian dan latihan yang diawali *combat free fall*  (terjun tempur bebas) pada pukul 22:00 WIB yang mendarat di Desa Batu Menyan Teluk Pandan Pesawaran Lampung oleh Tim Alpa yang dipandu Tim Echo dilanjutkan patroli menuju titik kenal sasaran untuk melaksanakan pengintaian.

Selanjutnya Pkl 04:00 Tim Bravo melaksanakan *rubber duck operation (RDO)* (penerjunan perahu karet) dan 14 orang penerjun di tengah laut yang dipandu Tim Echo menuju sasaran, disaat gempuran Tim Bravo dari arah laut ke sasaran musuh dengan teknik gatling (menembak diatas perahu karet) menuju pertahanan musuh, Tim Alpa melumpuhkan sasaran dan dilanjutkan dengan gerakan cepat, tepat, dan taktis dalam pembebasan sandera Kepala Desa Batu Menyan.

Pada waktu bersamaan Tim Delta melaksanakan *fast rope* (turun menggunakan tali dari Helikopter) di sekitar sasaran membantu tembakan penghancuran sasaran musuh. Setelah musuh dapat dilumpuhkan dan menghentikan tembakan dengan gerakan cepat, tepat, Tim Alpha masuk ke dalam gedung dan mengeluarkan sandera diserahkan kepada tim fast rope untuk melaksanakan exfiltrasi dengan teknik stabo.

Setelah sandera dapat diselamatkan dan semua dipastikan aman baik dari presonil maupun material, tim melaksankan peledakan sekaligus penghancuran markas musuh gedung syahbandar dilanjutkan pengunduran pasukan dengan menggunakan sea rider.

Kegiatan latihan lanjutan tersebut ditinjau Asisten Operasi (Asops) Korps Marinir Kolonel (Mar) Y Rudi Sulistyanto, Komandan Komando Latih (Dankolat) Korps Marinir Kolonel Suliono beserta jajaran Kolatmar, Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 4 Mar/BS Kolonel Marinir Ahmad Fajar, para perwira jajaran Brigif 4 Mar/BS, dan para Perwira Jajaran Yontaifib.