PKPU Luncurkan iWakaf Bidik Potensi Wakaf Rp 120 Triliun Pertahun

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 17 Maret 2017 - 20:11 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Lembaga kemanusiaan nasional, PKPU Human Initiative meluncurkan lembaga wakaf bernama iWakaf. Lembaga wakaf tersebut diharapkan bias memaksimalkan potensi wakaf uang di Indonesia baik aspek fundraising, pengelolaan bisnis, investasi wakaf dan pendistribusian keuntungannya untuk maukuf alaih.

“Wakaf bisa berkontribusi untuk pembangunan bangsa ini baik aspek infrastruktur, pendidikan, kesehatan ataupun aspek social keagamaan lainnya,”kata Direktur Utama Inisiatif Wakaf (iWakaf), Romdlon Hidayat, saat launching iWakaf di Condet Festival, Jumat (17/3/2017).

Menurutnya, berdasarkan data dari Badan Wakaf Indonesia potensi asset wakaf di Indonesia mencapai Rp 200 triliun dan potensi wakaf uang bisa mencapai Rp 120 triliun.

Adanya UU No 41. Tahun 2004 tentang wakaf uang diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk membiasakan berwakaf. “karena punya slogan siapapun bisa berwakaf. Wakaf uang mulai  Rp 10 ribu,” ujarnya

Lebih jauh lagi menurutnya, wakaf bisa menjadi instrument kebangkitan ekonomi umat, sebab itu wakaf perlu dibangun dan digalang untuk kemajuan pemberdayaan umat.

“Alhamdulillah kami sekarang mendapatkan amanah dari masyarakat untuk mengelola wakaf kos-kosan, 4 klinik serta perkebunan dan pertanian di Kalimantan,” pungkasnya

Selanjutnya hasil keuntungan usaha akan didistribusikan untuk empat program beasiswa dokter, hafidz Qur`an, usaha kecil dan cetak Al Qur`an.