Kemenperin Gandeng Jababeka Kembangkan Kawasan Industri IKM di Morotai

Oleh : Ridwan | Selasa, 26 November 2019 - 13:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan menyiapkan kawasan industri khusus industri kecil dan menengah (IKM) di Morotai, Maluku Utara.

"Kita akan dikasih lahan oleh pengembang disana (Jababeka) untuk mengembangkan kawasan industri khusus IKM," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, Selasa (26/11).

Diakui Gati, pihaknya juga diminta bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Morotai untuk pengembangan dan pembinaan IKM.

"Kita akan bekerjasama dengan Pemda disana. Ini harus kita siapkan siapa pelaku industri kecil dan menengah disana," terang Gati.

Sebelumnya, Dirjen IKMA Kemenperin telah bertemu dengan pihak Jababeka yang diwakili oleh Direktur PT Jababeka Tbk., Hyanto Wihadhi dan Direktur Utama Jababeka Morotai Basuri Tjahya Purnama di Kantor Kementerian Perindustrian.

Dalam pertemuan tersebut, Dirjen IKMA didampingi oleh Direktur IKM PBKF Sri Yunianti.

Gati pun menyambut baik rencana pengembangan sentra IKM guna mendukung KEK Morotai yang masuk sebagai 10 Bali baru.

"Kami akan segera menyiapkan grand design serta berkoordinasi dengan stakeholder terkait dengan menyesuaikan potensi lokal dan pasar global," tutup Gati.