Dinilai Berkontribusi Terhadap Industri Big Data & AI, 30 Perusahaan Raih Awards di Ajang Datagovai 2019 Summit

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 07 November 2019 - 02:42 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Sebanyak 30  Perusahaan  mendapat  apresiasi penghargaan dan anugerah awards pada acara DataGovAI 2019 Summit, Awards & Expo  (DataGov AI 2019) . Pada tahun kedua DataGovAI 2019 ini ABDI lebih banyak memberikan penghargaan apresiasi karena lebih banyak perusahaan/ Enterprise yang berkolaborasi dengan ABDI dan memberikan banyak kontribusi terhadap industri Big data & AI.

Mereka yang mendapatkan Anugerah Awards dipandang telah berhasil mengimplementasikan TI dan Tata Kelola TI atau biasa disebut IT Governance, di sektornya masing-masing  dalam mendukung pertumbuhan bisnisnya dan menunjang pembangunan nasional.  Acara puncak penghargaan tersebut berlangsung dalam Gala Dinner DataGov AI 2019 di di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu,   6  November  2019  yang paralel dengan Cyber Securty dan Indonesia Fintech Show 2019.

Event penghargaan tahunan ini dihadiri oleh Kementrian Ristek dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), untuk kedua kalinya ini diberikan oleh Asosiasi Big Data Indonesia (ABDI)  dan  Majalah Komite.id. Tahun lalu event malam Awards ini juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika dan Kepala BSSN dan Dr Jumain Dirjen  Penguatan Inovasi Kemenristekdikti. Kegiatan tahunan di Merak Room, Jakarta Convention Centre ini melanjutkan  kesuksesan  acara  DataGov AI 2018 di Balai Kartini pada 17 Oktober 2018 yang lalu. Penilaian menggunakan Market Research, Data Analytics dari berbagai sumber data dan tim Internal yang dibentuk oleh ABDI dan Komite.id.

Apalagi, Data governance sedang populer di dunia. Tanpa data governance atau tata kelola data yang baik maka posisi user dan konsumen akan rentan menghadapi enterprise data controller atau processor yang memproses dan mengumpulkan jutaan data konsumen.

Ketua Penyelenggara yang juga Ketua Umum ABDI  DR. Rudi Rusdiah  menjelaskan bahwa  ajang penghargaan tersebut merupakan  penghargaan tertinggi  yang diharapkan semakin mendorong akselerasi implementasi dan penggunaan digital technology, transformasi ke Big Data & AI baik di kalangan dunia usaha, industri, institusi kepemerintahan, serta instansi lainnya, karena akan berimplikasi luas bagi upaya peningkatan daya saing pembangunan nasional di kancah global.

Adapun tema yang diangkat sebagai berikut: Managing The Next Big Data Technology Revolution, Data Governance & AI”  –   DataGovAI 2019 dan Sub Tema: Considering Data as the Future New Digital Energy & Capital towards AI era Facilitating Nation’s ICT, Banking, Fintech, Ecommerce, Logistic, Medical, Industry 4.0, Government, Academic in Data & AI Governance Initiative, Summit & Agenda.  

Diterjemahkan sebagai: Tema : “Mengawal Revolusi Big Data Teknologi (DT), Tata Kelola Data dan AI” Sub Tema:   Data sebagai Digital Enerji Masa depan menuju era AI dan  Industri 4.0. Menfasilitasi sektor Industri Telematika (TIK), Perbankan, Fintech, Ecommerce, Farmasi, Logistik; Pemerintah, Akademisi dalam mendukung Inisiatif, Summit dan Agenda Tata Kelola Data & AI.

Diketahui,  perusahaan big data dan AI kini telah memiliki  berbagai aplikasi data analytics, Ai dan machine learning mulai dari chatbot hingga analytics A di e-commerce, data ksehatan, data safe city, data public services sampai fintech maupun telekomunikasi logistik.

Ada beberapa kategori penghargaan yang diberikan, yang terbagi dalam beberapa kategori, yang diberikan kepada para pemenang  (untuk lebih lengkapnya, lihat di daftar pemenang yang menyertai siaran pers ini).

DR. Rudi Rusdiah  yang juga Ketua Dewan Juri  bersama para juri dari pengurus dan anggota ABDI menjelaskan bahwa penghargaan tersebut merupakan  penghargaan tertinggi yang diberikan kepada  perusahaan dan intansi pemerintah seperti  perbankan, telekomunikasi dan security  yang dinilai memiliki kinerja yang tinggi, dan memiliki reputasi perusahaan yang baik terutama dalam  melakukan pengembangan teknologi informasi dengan baik di suatu organisas. Sehingga  tampak terlihat efisiensi dan efektivitas yang timbul karena adanya peran TI.

Sementara itu, ABDI juga memberikan penghargaan dan apresiasi lifetime achievement kepada Direktur Utama PT Telkom Tbk periode 1992 hingga 1996,  Dr Setyanto P. Santosa .  Pengalamannya yang segudang sejak 1972 membuatnya menjadi Legenda Hidup dunia telekomunikasi di negeri ini. Ditangan beliau, Telkom menjadi satu-satunya BUMN yang saat ini masih dual listing di Bursa Efek Indonesia (dulu BEJ-Bursa Efek Jakarta, red) dan di New York Stock Exchange (NYSE). Di Bursa Efek Indonesia, Telkom termasuk emiten dengan kapitalisasi tertinggi.

Selain itu, apresiasi lifetime achievement  juga diberikan kepada Koesmarihati, direktur utama Telkomsel pertama. Marie, begitu ia disapa, menjabat posisi dirut pada 1995 hingga pensiun pada 1998 ketika usianya 58 tahun.   Usai pensiun dari Telkomsel, Marie tetap aktif di dunia telekomunikasi sebagai konsultan, pengawas, dan terkahir sebagai penasihat Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo. Lantaran begitu besar sumbangsihnya  di dunia telekomunikasi, Marie mendapat penghargaan spesial sebagai Lifetime Achievement di ajang DataGov AI 2019.

Sebelum acara Malam Anugerah Awards, ABDI juga menyelenggarakan acara peluncuran buku Teknologi Big Data  dengan judul “Big Data Analytics Ecosystem & Solutions dengan Apache Hadoop”. Chief RA panggilan akrab Bapak Rudiantara adalah salah satu penulis kata pengantar dalam buku Big Data ini. Pada acara peluncuran buku ini ABDI akan memberikan apresiasi kepada para kontributor dan penulis buku seperti Rudiantara, Anang Latief, Rudi Rusdiah, Komang Aryasa, Indra Utoyo, Ramzy Effendi, Trigantoro Bramaningtyas dan Yulianto Sutandang. Beberapa penulis lainnya dari luar negeri seperti Rohit Kumar dari India/Nepal, Abdullah Koro dan Frado Sibarani, ex IBM Singapore serta  Pendukung pembuatan buku dari Micronics antara lain Samuel, FX Winarto.

Pada acara DataGovAI 2019 Summit berkenan dibuka pada hari pertama, 6 November 2019 oleh Kepala BSSN, Letjen (purn) Hinsa Siburian, Kepala BSSN dan para hari kedua, 7 November 2019 berkenan dibuka oleh Menristek, Dr Bambang Brodjonegoro bersama antara lain para C Level, EVP dan Pakar dari dalam negeri  seperti PT Telekomunikasi Indonesia, PT Pos Indonesia, Gojek, BAKTI, BCA, BRI, Lintasarta, Bubu.com, LPJKN, Microsoft Indonesia, GDP Venture, Fortinet, Micronics Group, Adakom, Universitas Budi Luhur, KG Media, MetroTV. Dari manca negara hadir pembicara dari Alibaba Clouds( China), Appier (Taiwan), SparkBeyond (Timur Tengah), Jubilee Ace (Singapore), Rosebay (India/Nepal), Oracle Asia Pacific, NetAssist (Malaysia) dan Powerry, NeuroNet (Rusia), Diplo (EU) menjadikan DataGovAI 2019 event Summit, Awards dan Expo tentang Big Data & AI terbesar 2019 di Indonesia, mungkin saja di Asean.