Grup Wali Masuki Usia 20 Tahun Dengan Single Yang Lebih Feminin ‘Lamar Aku’

Oleh : Amazon Dalimunthe | Minggu, 27 Oktober 2019 - 06:13 WIB

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Grup Band “Wali”  yang terdiri dari Apoy, Faank, Ovie, dan Tomi, ini merilis single terbaru berjudul Lamar Aku. Peluncuran ini menandai perjalanan eksistesi mereka selama 20 tahun d dunia musik Indonesia tanggal 31 Oktober mendatang. Single Lamar Aku yang baru diluncurkan terasa lebih feminine, lebih ke lagu yang mewakili perasaan wanita. Setelah sebelumnya banyak menghasilkan lagu yang lebih maskulin.

Bagi Wali, Lamar Aku jadi semacam perjalanan balik ke titik awal saat mereka menghasilkan hits seperti Dik, Baik-baik Sayang, Doaku, dan Untukmu Sayang. Band ini dituntut oleh  penggemar untuk kembali dengan lagu lagu seperti awal-awal hadr dd balntka musik Indonesia.

Menurut Apoy, lahirnya lagu Lamar Aku bukan disengaja untuk membuat lagu yang lebih feminine. “Sama seperti lagu lagu lainnya, lagu amar Aku mengalir begitu saja. Idenya selalu bersumber dari obrolan, cerita, pengalaman siapa pun di tengah masyarakat kita,”ujar Apoy yang banyak menco[ta lagu untuk Wali Band.

Lamar Aku juga lahir dari fenomena yang ada di tengah masyarakat. Apoy menyebut, lagu ini lebih cocok didedikasikan buat kaum perempuan. "Perempuan itu jangan diberikan janji terus. Jangan kampanye, tapi tidak ditepati janjinya. Kalau serius, buruan lamar. Jangan dikasih kata-kata manis terus. Perempuan ingin bukti, bukan janji," ujar Apoy.

Dalam beberapa tahun terakhir, Wali banyak melakukan improvisasi dalam membuat musik. Mereka  suka melakukan eksplorasi bunyi-bunyian dalam berkarya. Lagu-lagu yang diciptakan pun memiliki konsep jenaka. Antara lain Nenekku Pahlawanku, Cari Berkah, Doa’in Ya Penonton, Bocah Ngapa Yak, Matanyo, dan Kuy Hijrah.

Dengan lagu Lamar Aku, Apoy memuji Faank lantaran masih bisa menyanyikan lagu-lagu jenis mellow mellow. Sebab, kata dia, dari teknik vokal pasti berubah. "Hebat dia. Dia bisa dan nggak pernah berubah. Padahal sudah lama dia nggak nyanyi begini," kata Apoy memuji.

Faank pun mengakui bukan perkara mudah kembali bernyanyi seperti di masa-masa awal Wali hadir di industri musik Tanah Air. Selain karena faktor usia, ia juga sudah terbiasa menyanyikan lagu-lagu Wali dalam tempo cepat.

Yang menarik hanya dalam waktu dua hari setelah diluncurkan di channel Youtube, jumlah penonton (viewers) lagu Lamar Aku, sudah mencapai 2 juta oran. Hal ini tentu menggembirakan Rahayu Kertawiguna selaku Produser Nagaswara Musik yang menaungi Band Wali. “Kalau dilihat dari trendnya lagu ini bakal jadi hits di pengujung tahun 2019 ini. Dan bukan tidak mungkin dia bakal semelejit lagu Lagi Syantik yang dibawakan Siti Badriah, “ kata Rahayu.  (AMZ)