SCI Apresiasi KKP Tingkatkan Kapasitas Produksi Perikanan Hulu-Hilir

Oleh : Ridwan | Selasa, 14 Maret 2017 - 03:55 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Supply Chan Indonesia (SCI) mengapresiasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang tengah mengimplementasikan Sistem Logistik Ikan Nasional (SLIN).

SLIN bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan stabilitas sistem produksi perikanan hulu-hilir, mengendalikan disparitas harga, serta untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri.

Selain itu, SLIN juga menyentuh aspek peningkatan skala usaha nelayan, petambak garam, pembudidaya ikan, pengolah dan pemasar hasil perikanan berskala usaha kecil menengah serta terkoordinasi dengan Kementerian atau lembaga terkait, serta percepatan penerapan sistem jaminan mutu, keamanan hasil perikanan dan nilai tambah.

"Saat ini pelaksanaan SLIN telah diperluas dan mencakup peningkatan konsumsi ikan nasional dan perluasan jejaring untuk perdagangan Internasional," ungkap Chairman Supply Chan Indonesia (SCI), Setiadji melalui keterangan tertulis kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta (13/3/2017).

Dalam implementasi SLIN, KKP telah membangun sejumlah infrastruktur logistik, seperti Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI), Cold Storage, gedung kering, mesin pembeku (ABF), Ice Flake Machine, serta moda transportasi berinsulasi.

"Langkah strategis KKP perlu didukung oleh berbagai pihak, baik Kementerian maupun lembaga terkait, pemerintah daerah setempat, dan perusahaan-perusahaan penyedia jasa logistic, " tutup Setiadji.