HUT RI ke 74, OJK Tekankan SDM Unggul, Indonesia Maju

Oleh : Wiyanto | Minggu, 18 Agustus 2019 - 05:40 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke 74 kemarin. Tema peringatan hari Kemerdekaan tahun ini yaitu “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU”.

Tema ini menyiratkan pentingnya kita memberikan perhatian lebih pada pengembangan kapasitas sumber daya manusia yang menjadi pondasi bagi terwujudnya Indonesia yang lebih maju, adil dan makmur.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengungkapkan, pesan ini presiden untuk menjadikan pembangunan SDM sebagai prioritas utama, karena SDM berkualitas menjadi kunci kemajuan bangsa Indonesia ke depannya.

"Untuk itu, OJK juga harus terus berbenah diri dengan meningkatkan kualitas SDM-nya karena mereka adalah aset utama dalam efektivitas pelaksanaan tugas dan fungsi pokok OJK," kata dia di Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Dengan SDM OJK yang unggul, kata dia, akan dapat membawa OJK menjadi semakin kredibel pada garda terdepan dalam mengawal sektor jasa keuangan melewati berbagai tantangan yang sangat dinamis dan juga memastikan perlindungan konsumen terpenuhi.

Namun demikian, lanjutnya bahwa semakin ke depan, tantangan yang membayangi sektor jasa keuangan akan semakin dinamis, diantaranya: Pertama, perlambatan ekonomi akibat ketidakpastian perekonomian global diperkirakan masih berlanjut. Kedua, perkembangan teknologi finansial telah merubah landscape sektor jasa keuangan.

"Dalam membangun SDM yang unggul, kami memiliki komitmen besar untuk selalu menyempurnakan sistem pengelolaan SDM OJK, diantaranya dengan mengembangkan pola rekrutmen pegawai, memberikan ruang maju untuk SDM yang berkualitas melalui talent pool, menyediakan anggaran lebih dan membangun kerjasama dengan berbagai pihak termasuk lembaga internasional untuk peningkatan kompetensi SDM OJK," katanya.