Menristekdikti:PTN Manfaatkan Teknologi untuk Menghasilkan SDM Berkualitas

Oleh : Herry Barus | Jumat, 26 Juli 2019 - 15:00 WIB

INDUSTRY.co.id -Lubuk Linggau - Pembangunan ekonomi Indonesia mengalami tranformasi dari _natural base economy_menjadi knowledge based economy_yang berbasis pada keunggulan sumber daya alam, sumber daya manusia, serta ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Paradigma lama perguruan tinggi (PT) sebagai wahana knowledge creation and transmission dalam semi-isolated space_berubah dan menjadikan PT sebagai wahana re-creation and connecting knowledge_ dalam _open space, sehingga PT perlu di dorong untuk melakukan terobosan dengan mengintegrasikan kemajuan yang dicapai dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran.

Hal tersebut disampaikan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir pada peletakan batu pertama atau _Ground Breaking_ Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis (STIEBI) Prana Putra di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan (25/7/2019).

“Membangun sekolah itu mudah, namun yang perlu kita dorong adalah strategi bagaimana menghasilkan SDM berkualitas. Selain itu ketika mendirikan perguruan tinggi (PT) yang perlu kita perhatikan adalah “demand side”, siapa yang akan menyerap lulusan ini, agar tidak menciptakan pengangguran,” ujarnya.

Walikota Lubuk Linggau SN Prana Purtra Sohe sekaligus pendiri STIEBI Prana Putra berharap dengan dibangunnya sekolah ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi di Bumi Sebiduk Semare.

"Tujuannya tak lain membangun daya saing di Kota Lubuklinggau, karena kita ingin menjadikan Lubuklinggau menjadi kota tujuan pendidikan," ucapnya, seperti diinformasikan Humas Kemendikti Nada Marsudi

Pada peletakan batu pertama atau _Ground Breaking_ Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis (STIEBI) Prana Putra turut hadir mendampingi Menristekdikti Sekretaris Ditjen Kelembagaan Iptek & Dikti Agus Indarjo, Kepala LLDIKTI Wilayah II Slamet Widodo, Wakil Rektor Universitas Sriwijaya Zainuddin Nawawi, Walikota dan Wakil Walikota Lubuk Linggau beserta jajaran, serta tamu undangan lainnya.