O Floraiku Parfum Yang Terinpirasi Dari Bunga Dan Puisi Jepang Hadir Di Indonesia

Oleh : Amazon Dalimunthe | Selasa, 25 Juni 2019 - 08:33 WIB

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Industri wewangian atau parfum terus berkembang seiring sejalan dengan industri mode. Meski sudah banyak merek parfum dengan ribuan bau wangi diciptakan selalu saja ada yang ingin membuat terobosan untuk merebut pasar yang tetap terbuka terhadap inovasi baru. Hal inilah yang dilakukan John dan Clara Molloy, pendiri Memo Paris pada tahun 2017 lalu.

Pasangan ini menciptakan jenis wewangian baru yang terinspirasi dari seremoni Kebudayaan Jepang yakni bunga-bunga (Flora) dan puisi Jepang (Haiku) menjadi merek Floraiku. Keduanya dipadukan dan disebutkan sebagai parfum yang mengandung puisi dimana di dalamnya terdapat perhatian terhadap detil dan kemewahan.

Seperti halnya puisi “haiku”,  menurut John Molloy,  wewangian Floraiku memiliki komposisi yang singkat, sensual, dan menarik. Setiap eau de parfum dibedakan dari petunjuk key notes – bunga, teh, dan kayu – yang terinspirasi dari lirik puisi yang juga hanya 3 baris tersebut. Koleksi wewangian diterjemahkan juga dalam 3 seremoni: Enigmatic Flowers untuk wewangian bunga, Secret Teas and Spices untuk wewangian teh, dan Forbidden Incense, terkarakterisasi dari wewangian kayu. Setiap seremoni tersebut dibedakan dengan warna botolnya antara putih, biru laut, dan hitam.

Dalam hal kemasan setiap wewangian 50 ml diletakkan pada sebuah kotak yang terinspirasi dari kotak bento Jepang dilengkapi dengan purse spray yang di desain dengan kerumitan tinggi, yang juga dapat digunakan sebagai tutup parfum. Sebuah refill 10ml juga diberikan untuk melengkapi kotak bento tersebut.

Setiap botol parfum ada puisi haiku yang terukir pada bagian belakang botol.  Sajian puisi 3 baris singkat inilah yang menjadi pusat perhatian dari merek ini. Memberikan makna kepada Floraiku, parfum sebagai puisi.

Floraiku membuka butik pertamanya di Harrods Salon de Parfum di London, UK, bulan Juli 2017. Butik Floraiku berdesain seperti ryokan, sebuah rumah tradisional Jepang, menggunakan material meliputi sutra, jerami, dan marmer putih.  Pengenalan wewangian Floraiku terpusat pada sekitar meja emas. dimana pada tamu akan diundang untuk duduk dan mengambil bagian untuk merasakan upacara pengenalan wewangian.

Merek ini sudah memiliki lebih dari 15 ryokan dalam department stores di seluruh dunia termasuk SAKS 5th Avenue, New York; NK, Stockholm; Skins, Amsterdam; Globus, Geneva; Oberpollinger, Munich; Bloomingdale’s dan Harvey Nichols, Dubai; Harvey Nichols dan Secret Notes, Doha; SOGO (Fuxing), Taipei; Harvey Nichols dan Galeries Lafayette, Istanbul; Robinsons, Riyadh; Bloomingdale’s. Kuwait; Escentials, Singapore; dan terbaru di  Plaza Indonesia, Jakarta,  Indonesia.

Sebagai bukti bahwa Floraiku sudah mendapat pengakuan adalah dengan mendapatkan berbagai Penghargaan salah satunya memenangkan “Product of the Year 2018”  untuk kategori wewangian oleh WWD Beauty Inc Award. Juga memenangkan “Dutch Beauty Award 2019” untuk kategori Wewangian mewah oleh Experts of Beauty.  (AMZ)