Dongkrak Ekspor Produk UKM Lewat Pameran

Oleh : Ridwan | Jumat, 21 Juni 2019 - 19:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ikatan Pemberdayaan Pedagang Kecil Indonesia (Ippkindo) menggelar pameran Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan tajuk Gebyar Ippkindo 9th Expo, UKM Goes Global.

Acara ini digelar untuk mendorong ekspor melalui produk UKM. 

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih mengapresiasi Ippkindo yang berupaya untuk mendorong ekspor melalui pameran tersebut. 

Dia mengatakan hingga saat ini sektor industri mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

"Berdasarkan sensus Ekonomi BPS tahun 2016, industri menyerap 15,974 tenaga kerja," ujar Gati di Jakarta, Jumat (21/6).

Acara ini digelar di Jakarta Convention Center selama 21-23 Juni 2019. Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk memasuki ruang pameran. Adapun, pameran ini turut menghadirkan 75 stand dengan beberapa produk meliputi produk tekstil nusantara, kuliner nusantara, kerajinan nusantara, produk agro dan perikanan, dan pariwisata.

"Kami ingin mendorong ekspor dari produk UKM binaan yang belum 100% mandiri. Produknya sudah layak eskpor atau belum, ini masih diuji coba," kata Ketua Umum Ippkindo Titi Cacuk Sudarijanto di JCC Senayan.

Titi mengatakan, produk UKM tersebut tidak diproduksi secara masal. "Sehingga simbol pribadi atau budaya lokalnya masih kental," ujarnya. 

Guna mendorong ekspor, Ippkindo juga turut mengundang duta besar dari berbagai negara, seperti ASEAN, Jepang, Australia, dan Ekuador. Selain itu, turut hadir pula negara-negara seperti Belgia, Perancis, Thailand, dan Filipina. Kehadiran negara tersebut diharapkan menjadi peluang untuk mendorong pasar ekspor. 

Titi mengatakan, upaya pendorongan ekspor ini merupakan yang pertama kalinya dalam Gebyar Ippkindo Expo. Sebelumnya, Ippkindo hanya menargetkan penjualan pada pasar domestik.

"Ippkindo menjadi tolak ukur keberhasilan pemberdayaan baik dari pemerintah swasta maupun masyarakat pada umumnya," ujarnya.