Percepat Distribusi, J&T Express Tambah Tiga Mesin Sortir Otomatis

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 19 Juni 2019 - 15:53 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Global Jet Express atau J&T Express, perusahaan penyedia jasa pengiriman akan mengoperasikan mesin sortir otomatis di tiga kota besar, yaitu Semarang, Surabaya  dan Bandung. Rencananya layanan mesin sortir otomatis tersebut akan beroperasi penuh sebelum akhir tahun 2019.

“Untuk meningkatkan kecepatan layanan pengiriman J&T Express segera menambah mesin sortir otomatis di tiga kota tersebut. Harusnya sebelum akhir tahun ini akan beroperasional, kita juga sudah punya mesin sortir yang berada dekat dengan bandara yaitu di Rawa Bokor,”kata Iwan Senjaya dalam acara Halal bil Halal dengan awak media di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Iwan mengatakan, evaluasi selama ramadhan tahun ini pihaknya mengalami peningkatan 300 persen atau tiga kali lipat dengan jumlah pengiriman mencapai 2 juta paket dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Setiap tahun pengiriman pada masa ramadhan selalu meningkat. Dan pertumbuhan jumlah paket yang dialami cakupan bisnisnya 70 persen berasal dari e-commerce,” ujarnya

Pihaknya pun tetap mengoptimalkan pengiriman melalui jalur udara, darat, dan via kereta api terutama dengan melakukan charter pesawat cargo freighter hingga awal Juni 2019.

Sebagai informasi, J&T Express telah mengoperasikan mesin sortir otomatis di Rawa Bokor, Tangerang, tahun lalu. Mesin sortir otomatis ini berdiri di lahan seluas 1 hektar. Mesin sortir otomatis ini bertujuan untuk meningkatkan efesiensi kerja, serta mengurangi tingkat kesalahan manusia sehingga dapat mempercepat distribusi pengiriman yang ada.

Teknologi mesin sortir otomatis tersebut dapat menyortir 180 ke destinasi dalam satu putaran, dengan kapasitas sortir hingga 30.000 paket perjam.