Media Sosial Mendominasi 80 Persen Keputusan Membeli

Oleh : Ridwan | Minggu, 05 Maret 2017 - 03:10 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Perilaku konsumsi media sosial terbukti turut merubah keputusan membeli konsumen. Riset terbaru mengungkapkan 80% keputusan membeli di Indonesia didominasi oleh terpaan merek di media sosial.

Hasil riset tersebut terungkap dalam acara 'Kemang Bicara' yang membahas mengenai Preferensi Penggunaan Media Sosial Indonesia. Survei ini dilakukan oleh Brand Marketing Institute (BMI) Research terhadap 1.000 responden di 8 kota besar Indonesia.

"Dari seluruh aplikasi media sosial, facebook menduduki peringkat teratas dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yaitu mencapai 44%, " ungkap Advisor BMI Research, Inu Mahfud dalam acara Kemang Bicara di Jakarta (4/3/3017).

Inu menambahkan, facebook menempati peringkat teratas dan diikuti oleh Instagram sebsar 29%, dan Whatsapp 8%. Ketiganya adalah kelompok usaha facebook sehingga sebenarnya perilaku konsumen kita sekarang dikuasai oleh aplikasi media sosial ini.

Ditempat yang sama, Digital Director Manifesto, Matthew Rompas mengatakan, masyarakat Indonesia saat ini memang sangat konsumtif menggunakan media sosial. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah pengguna aktif facebook di tanah air yang kini telah mencapai 107 juta orang.

"Saat penetrasi internet naik signifikan dan media sosial marak, maka peluang promosi produk dan jasa untuk masuk sangat besar. Konsumen kita yang mayoritas pengguna media sosial pasti akan terpengaruh," ungkap Matthew.

Meski demikian, untuk mendapatkan perhatian di media sosial tidaklah mudah kerana menurut data riset ini, 60% orang Indonesia cenderung tidak mau berbagi informasi produk di media sosial.

"Agar pemirsa mau berbagi informasi, maka kemasan konten yang memorable menjadi krusial, karena hal ini yang akan menggerakkan mereka melakukan pembelian," tutup Matthew.