Moeldoko Layak Jadi Menkopolhukam Jilid II Pemerintahan Jokowi

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 27 April 2019 - 21:54 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko disebut-sebut layak menjadi Menteri Koordinator Bidang Pulitik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) pemerintahan Jokowi Jilid II bila Jokowi kembali terpilih menjadi Presiden.

Mantan Panglima TNI itu dianggap layak menjadi Menkopolhukam mengingat Moeldoko memiliki integritas, tegas dengan track record yang bersih. Hal ini dikatakan Pengamat Politik Maksimus Ramses Lalongkoe.

"Emang sekarang kita belum bisa bicara menteri karena proses pemilu masih berlangsung meskipun hasil perhitungan cepat sejumlah lembaga survei menyimpulkan pasangan Jokowi-Amin unggul. Tapi saat ini juga publik bisa saja berspekulasi soal jabatan menteri bila pak Jokowi kembali terpilih. Iya saya kira sosok pak Moeldoko layak menjabat Menkopolhukam Jilid II pemerintahan Jokowi, apalagi beliau punya integritas, tegas dan bersih," kata Ramses di Jakarta, Sabtu (27/4/2019).

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia ini, tak salah bila kelak Jokowi memilih Moeldoko sebagai Menkopolhukam, sebab komunikasi publik Moeldoko selama ini cukup baik. Hal tersebut menjadi beralasan Moeldoko bisa dipercaya menjadi Menkopolhukam.

"Komunikasi publik pak Moeldoko selama ini cukup baik kok, saya kira cukup beralasan kalau nanti pak Jokowi memilih beliau jadi Menkopolhukam," ujar Ramses.

Lebih lanjut Ramses mengatakan, posisi Menkopolhukam sangat strategis karena melakukan koordinasi dengan TNI, Polri dan lembaga negara lainnya yang berkaitan dengan politik, hukum dan keamanan.