Saatnya Bangun Infrastruktur Untuk Mendorong Pariwisata Banten

Oleh : Hariyanto | Senin, 18 Februari 2019 - 10:47 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - 28 tahun yang lalu, Joop Ave, Menteri Pariwisata dan Postel di masa kepemimpinan Presiden Soeharto, telah merencanakan Tanjung Lesung akan menjadi Nusa Dua-nya Banten berkat keindahan dan kecantikan pantainya.

Joop Ave yang merupakan motor pengembangan pariwisata di Bali khususnya kawasan Nusa Dua, meyakini Pariwisata Tanjung Lesung di kabupaten Pandeglang akan turut meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan Rakyat di Banten Selatan yang sejauh ini tertinggal dibanding kabupaten Tanggerang.

Saat ini, dibalik derita pasca  tsunami pada 22 Desember 2018 lalu, telah menjadikan Tanjung Lesung sebagai Kawasan pariwisata yang paling banyak diperbincangkan di seluruh pelosok dunia.
 
"Sekarang kecantikan pantai Tanjung Lesung di Banten sudah sangat terkenal ke seluruh dunia," ujar Chairman Dan Founder PT Jababeka Tbk, Setyono Djuandi Darmono, di Pandeglang Banten beberapa waktu lalu.

Saat ini menurutnya, Bupati Pandeglang bersama Gubernur Banten harus bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun infrastruktur secara besar-besaran seperti Aceh pasca tsunami.

Selain infrastruktur, pemerintah daerah Banten juga perlu membentuk Tourism Development center (TDC) atau Pusat Pengembangan Pariwisata agar mampu dengan cepat membangun sektor pariwisata di Banten. 

"Seperti apa yang dulu dilakukan Joop Ave membuat Bali terkenal keseluruh dunia dengan membentuk TDC Bali membangun Nusa Dua dengan mengajak para pengusaha besar membangun Infrastruktur pariwisata dan membangun hotel-hotel berbintang lima seperti Sheraton, Hilton, dan Grand Hyatt," ujarnya.

"Dengan begitu, sektor pariwisata akan mendorong Banten menjadi daerah yang maju dan menyumbang bagian yang sangat besar untuk pendapatan daerah Banten," jelas Darmono.