Catat Kinerja Positif di 2018, Jababeka Residence Optimis Sambut Tahun 2019

Oleh : Ridwan | Selasa, 22 Januari 2019 - 19:05 WIB

INDUSTRY.co.id - Cikarang, PT Grahabuana Cikarang yang merupakan anak perusahaan PT Jababeka Tbk, marasa optimis penjualan properti khususnya kelas menengah atas akan kembali tumbuh. 

Presiden Direktur Jababeka Residence Sutedja S. Darmono mengatakan, pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya daya beli disertai masifnya pembangunan infrastruktur menjadi sinyak positif bagi para pelaku industri properti di tanah untuk terus ekspansif.

"Meskipun pasar 2018 secara umum belum terlalu baik, namun, Jababeka Residence mampu mencatatkan penjualan yang signifikan,” ujar Sutedja S. Darmono, Presiden Direktur Jababeka Residence saat konferensi pers di Cikarang, Bekasi, Selasa (22/1).

Sepanjang tahun 2018 lalu, Jababeka Residence berhasil membukukan marketing sales sebesar Rp550 miliar untuk penjualan residensial dan Rp310 miliar untuk penjualan Komersial. Pencapaian ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp712 miliar.

Adapun kontribusi penjualan dan pendapatan tersebut ditopang dari beberapa proyek seperti Kawana Golf Residence, area komersial Cluster Ginza, dan Cluster Sport City serta beberapa proyek lainnya.

Sutedja menuturkan, pencapaian positif tersebut tak terlepas dari berbagai stategi yang dilakukan Jababeka Residence, antara lain, proyek yang dikembangkan memiliki diferensiasi serta target market yang jelas.

Sementara itu, General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence, Handoyo Lim menjelaskan, secara umum prospek properti dikawasan Cikarang di tahun 2019 akan lebih baik dari 2018. 

"Oleh karena itu, kami optimis bisa mencatatkan kinerja penjualan yang positif di 2019," ungkap Handoyo. 

Menurutnya, optimisme itu akan diimplementasikan dengan meluncurkan sejumlah proyek baru di kawasan Jababeka Residence, antara lain, area komersial berkonsep arsitektur jepang bertajuk Asian Village di lahan seluas 7 hektar. 

Asian Village nantinya dirancang tak hanya sebagai lokasi kuliner semata, namun juga area multi fungsi yang memadukan kawasan wisata kuliner dan komersial dengan desain natural.

Pengembangan berikutnya adalah area komersial Sudirman Boulevard tahap 2, Paradiso Golf Villa kawasan residensial premium seluas 3 hektar yang berkolaborasi dengan perusahaan asal Jepang Keihan Real Estate Co Ltd dan Nice Corporation. 

Jababeka Residence sendiri telah melakukan penandatanganan kesepakatan joint venture untuk pengembangan lahan residensial yang digelar pada awal September 2018 lalu. Dalam kesepakatan tersebut, ketiga pihak sepakat untuk membentuk sebuah perusahaan patungan (joint venture) dan pengembangan residensial dengan konsep golf villa seluas 2,7 hektar yang akan menjadi salah satu proyek kelas atas di Jababeka Residence. 

Kerja sama dengan investor Jepang sebelumnya juga pernah dilakukan Jababeka Residence bersama Creed Group untuk mengembangkan service apartment dengan konsep desain Jepang modern bertajuk Kawana Golf Residence dan Kawana 2 Concierge Golf Apartment. 

Adapun, untuk tahun 2019 Jababeka Residence menargetkan pencapaian marketing sales sebesar Rp600 miliar untuk penjualan residential dan Rp400 miliar untuk komersial sebanding dengan target tahun sebelumnya.

Selain pengembangan proyek baru, Jababeka Residence juga fokus pada pembangunan beberapa proyek eksisting yang telah habis terjual pada tahun sebelumnya sebagai komitmen developer untuk serah terima tepat waktu, yaitu area komersial Ginza, Kawana Golf Residence, Cluster Candi, Cluster Cortes, Palm Town House, Ruko Hollywood Boulevard dan Ruko Sudirman Boulevard, Monroe Tower yang rencananya akan selesai pada akhir 2019 serta pembukaan pusat perbelanjaan Living Plaza Jababeka.

“Melihat berbagai kelebihan yang dihadirkan, kami optimis, proyek-proyek baru yang diluncurkan tersebut akan mengulang kesuksesan seperti beberapa proyek sebelumnya,” tutur Handoyo.