Masyarakat Diminta Berperan Bantu Percepatan Pembangunan Tol

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 Desember 2018 - 10:20 WIB

INDUSTRY.co.id - Sukabumi- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meminta kepada masyarakat untuk ikut membantu proses percepatan pembangunan jalan tol khususnya Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang saat ini dalam proses pembangunan.

"Kita harapkan masyarakat yang terkena dampak pembangunan ini lahannya mau dibebaskan dan tentunya penggantian lahan yang digunakan untuk jalan tol ini disesuaikan serta tidak akan merugikan masyarakat," kata Rini saat kunjungan kerja di Sukabumi, Rabu.(5/12/2018)

Menurut dia, dalam pembebasan lahan ini pihaknya tentunya bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk melakukan sosialisasi, pendekatan dan imbauan agar masyarakat mau dibeli lahannya untuk dijadikan jalan bebas hambatan ini.

Setiap pembangunan apalagi seperti jalan tol ini harus membeli lahan masyarakat, maka dari itu dirinya pun memanfaatkan kunjungan kerja ini untuk meminta bantuan kepada Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono agar bisa dengan cepat melakukan pembebasan lahan.

Pihaknya juga berharap pembangunan Tol Bocimi sesi II Cigombong-Cibadak bisa segera terlaksana dan tepat waktu sehingga bisa segera dioperasinalkan untuk masyarakat (pengguna jalan) agar kemacetan yang ada di Sukabumi terurai.

"Kami targetkan ruas Tol Bocimi Cigombong-Cibadak ini bisa selesai pada akhir 2019, namun tergantung kepada hasil pembebasan lahan, karena dalam pembangunan ini pasti ada tanah warga yang terkena," tambahnya.

Rini mengatakan dengan terbangunnya jalan tol tersebut tentunya akan sangat membantu masyarakat Sukabumi yang ingin bepergian keluar kota khususnya ke Bogor maupun Jakarta