Presiden Jokowi Setuju Kota Bandung Jadi Creative Hub

Oleh : Herry Barus | Minggu, 11 November 2018 - 13:22 WIB

INDUSTRY.co.id - Bandung- Presiden Widodo mengatakan Kota Bandung, Jawa Barat, merupakan pusat kreativitas atau "creative hub" paling siap di Indonesia.

"Semuanya ada, 'content creator' ada, kreatif ada. Terbuka betul, bahwa merespon perubahan global kita ini, tidak ketinggalan," kata Jokowi saat memberikan sambutan ketika bertemu masyarakat kreatif Bandung di Simpul Space, Bandung Creative City Forum (BCCF), Sabtu (10/11/2018)

Menurut Jokowi, untuk mendorong kreativitas itu dibutuhkan ekosistem untuk perkembangan yang baik.

Dia menjelaskan pemerintah juga terus memperbaiki dan mengurangi regulasi yang berpotensi menghambat perkembangan industri kreatif maupun ekonomi digital.

"Saya selalu menyampaikan ke menteri jangan buat aturan yang aneh-aneh yang berkaitan dengan 'digital economy', yang berkaitan dengan industri kreatif. Kalau sudah diminta betul oleh pelaku-pelaku baru munculkan," tegas Jokowi.

Jokowi juga mengatakan dunia saat ini sedang berubah dengan cepatnya memasuki revolusi industri ke empat.

Perkembangan iptek dan teknologi komunikasi serta dunia digital selalu bermunculan setiap saat.
"Sehingga sekali lagi saya ingin mengatakan selamat datang industri kreatif, industri digital, 'digital economy' di negara kita yang sudah disambut secara cepat oleh Bandung," jelas Jokowi.

Presidenn Jokowi  melakukan diskusi terbuka bersama sejumlah pegiat karya seni, pengembang usaha rintisan atau "start up" dan pembangun ekonomi digital di BCCF.