Majukan Industri Mikro, Pemkab Gresik Bantu Patenkan Produk IMKM

Oleh : Hariyanto | Minggu, 19 Februari 2017 - 12:17 WIB

INDUSTRY.co.id - Gresik, Pemkab Gresik melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) memiliki strategi dalam upaya memajukan Industri Mikro, Kecil dan Menengah (IMKM) di Kota Pudak ini supaya mampu bersaing di pasar global.

Salah satunya membantu mematenkan produk yang dimiliki 25 pelaku IMKM. Bantuan tersebut dikatakan sebagai tahap awal untuk mendorong para pelaku IMKM agar merasa bahwa kepemilikan sertifikat paten ini sebagai kebutuhan mendasar.

“Tahap berikutnya, kami akan memilih dan memeriksa sesuai persyaratan yang ada. Proses sertifikasi paten ini memang membutuhkan waktu pemeriksaan yang menyeluruh,” kata Kepala Diskoperindag Gresik Agus Budiono, Selasa lalu oooooo(14/2/2017).

Wakil Bupati Gresik Muhammad Qosim mendukung langkah Diskoperindag membantu mematenkan produk pelaku IMKM di Gresik. Menurutnya, merek dan hak paten merupakan suatu keharusan di era modern seperti sekarang ini.

“Kalau para pelaku industri mikro, kecil, dan menengah Gresik ingin maju, dikenal, dan mampu bersaing di pasar global, mereka harus punya merek yang dipatenkan,” ujar Qosim.

Ia menambahkan, kepemilikan hak paten penting untuk menjangkau pemasaran yang lebih luas, terlebih untuk kepentingan ekspor. Namun, ia mengingatkan pelaku IMKM agar tidak menjiplak merek orang lain.