Menperin: Industri Kelapa Sawit Merupakan Sektor Ekonomi yang Sangat Strategis

Oleh : Hariyanto | Kamis, 16 Februari 2017 - 12:21 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah berkomitmen menumbuhkan industri pengolahan kelapa sawit di dalam negeri sebagai pelaksanaan kebijakan nasional hilirisasi di sektor agro.

"Sektor ini memberikan sumbangan besar bagi perekonomian nasional melalui peningkatan nilai tambah, seperti kinerja nilai ekspor, penyerapan tenaga kerja, pemerataan kesejahteraan masyarakat, dan kontribusi pada penerimaan negara," kata Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, kepada pers di Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Airlangga menuturkan, industri kelapa sawit dari hulu sampai hilir merupakan salah satu sektor ekonomi yang sangat strategis.

"Saat ini, luas perkebunan kelapa sawit diperkirakan mencapai 11,6 juta hektar, di mana lebih dari 41% merupakan kebun rakyat," tutur Airlangga.

Ia menambahkan, dalam jangka panjang pihaknya mendorong pertumbuhan industri pengolahan sawit terutama yang membawa teknologi canggih dan terkini untuk menghasilkan aneka produk hilir seperti super edible oil, golden nutrition, bio plastic, bio surfactant, hingga green fuel.

"Untuk memacu hilirisasi industri kelapa sawit, pemerintah menggunakan instrumen kebijakan fiskal melalui pengenaan tarif bea keluar secara progresif sejak 2011, disusul dengan kebijakan penghimpunan dana perkebunan pada 2015. Kedua instrumen fiskal ini bersinergi untuk menjamin pasokan bahan baku bagi industri domestik, menciptakan permintaan minyak sawit di dalam negeri, dan menciptakan iklim usaha yang kondusif," ujar Airlangga. (Hry/ Imq)