Waspadai Rupiah Dapat Sentimen Negatif

Oleh : Wiyanto | Rabu, 17 Oktober 2018 - 10:24 WIB

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 15.210-15.188. Pergerakan Rupiah yang mulai menguat bisa menjadi peluang untuk kembali melanjutkan kenaikan seiring masih adanya sejumlah sentimen positif.

"Diharapkan tekanan global dapat lebih berkurang sehingga berimbas pada berbalik turunnya USD dan membuat Rupiah berkesempatan untuk kembali menguat. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah," kata analis Pasar Modal Reza Priyambada di Jakarta, Rabu (17/10/2018).

Laju Rupiah terlihat mengalami kenaikan tipis meski pergerakan USD cenderung masih meningkat di pasar valas Asia seiring pelemahan JPY. Masih adanya kekhawatiran akan potensi meningkatnya ketegangan antara AS dan Arab Saudi membuat _risk appetite_ investor meningkat dan cenderung memegang USD.

Selain itu, beberapa rilis data ekonomi AS masih menjadi perhatian pelaku pasar dimana berimbas pada kenaikan imbal hasil obligasi AS dan berimbas pada kenaikan USD. Adanya sentimen dari disetujuinya asumsi Rupiah di 2019 sebesar Rp15.000 dan penilaian pagelaran Asian Games dapat menyumbang 0,05 persen terhadap GDP turut memberikan sentimen positif pada Rupiah.