Bos Bank Dunia Minder Dengar Pidato Jokowi

Oleh : Ridwan | Jumat, 12 Oktober 2018 - 18:50 WIB

INDUSTRY.co.id - Nusa Dua, Presiden Joko Widodo kembali mencuri perhatian saat berpidato di forum internasional dengan menggunakan simbol. Dia memakai metafora serial televisi AS "Game of Thrones" untuk menjelaskan ekonomi global.

Presiden Bank Dunia Kim Yong Jim memuji pidato Jokowi saat memberikan sambutan dalam pertemuan tahunan IMF-WB 2018. Kim yang berpidato setelah Jokowi menyebut orang nomor satu RI itu menyiapkan pidatonya dengan sangat baik.

"Saya harus akui ketika mendengar sambutan Presiden Joko Widodo, saya berpikir sebaiknya kita pulang saja, karena tidak bisa memberikan pidato yang baik seperti Mr. Joko Widodo," kata Kim di Bali Nusa Dua Convetion Center, Jumat (12/10/2018).

Tak hanya Kim, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde juga mengapresiasi pidato Jokowi. Gaya pidato bekas Wali Kota Solo itu disebutnya mengandung pesan yang sangat kuat supaya negara-negara dunia bersatu padu mengatasi masalah bersama.

"Saya berterima kasih kepada Presiden telah menyampaikan pidato yang sangat baik. Kami begitu kurang berhasil untuk menyampaikan yang sama," kata perempuan asal Prancis ini yang berpidato setelah Jokowi dan Kim.

Dalam pidatonya, Jokowi mengingatkan agar seluruh negara bekerja sama untuk mencapai kemakmuran. Dia menyindir negara-negara maju seperti AS dan China yang saling baku hantam dalam perang dagang untuk menjadi yang terhebat tanpa memikirkan nasib negara-negara lain, termasuk emerging market.

Usai berpidato, para peserta IMF-WB yang dihadiri oleh kepala negara, pejabat, pengusaha tersebut memberikan standing applaus hingga Jokowi kembali ke tempat duduknya.