KPK Usut Pertemuan Dirut Pertamina dengan Tersangka

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 18 September 2018 - 10:59 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Komisi Pemberantasan Korupsi menduga Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati dan bekas Wakil Ketua Komisi Energi DPR PR Eni Saragih yang menjadi tersangka dugaan suap PLTU Riau -1 pernah melakukan pertemuan. Dugaan pertemuan itu diklarifikasi KPK saat memeriksa Nicke dalam kasus PLTU Riau-1, pada Senin, 17 September 2018.

Febri Diansyah mengungkapkan, Nicke diperiksa penyidik lembaganya, karena pernah menjabat Direktur Perencanaan PT PLN ketika proyek PLTU Riau-1 baru proses perencanaaan.

Dia pun, lanjut Febri diendus tim penyidik KPK pernah melakukan pertemuan dengan tersangka mantan Wakil Ketua Komisi VII, Eni Saragih.

"Kepada saksi ini didalami dua hal. Pertama bagaimana proses perencanaan, jadi apa yang diketahui atau apa yang dilakukan oleh saksi dalam proses perencanaan proyek PLTU Riau-1 ini dan kedua kami mengklarifikasi adanya dugaan pertemuan antara saksi dengan tersangka EMS sebelumnya pada proses perencanaan proyek PLTU Riau-1 itu," kata Febri di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin malam.

Nicke sendiri terpantau keluar KPK setelah sekitar tujuh jam diperiksa penyidik. Kepada wartawan, Nicke mengakui ditelisik mengenai tugasnya di PT PLN dikaitkan dengan proyek PLTU Riau-1 itu.

"Ya saya berikan penjelasan seputar tupoksi saya sebagai mantan Direktur PT PLN," kata wanita yang sebelumnya mangkir pemeriksaan sebanyak dua kali itu.