Rupiah Hari Ini Diperkirakan Tertekan

Oleh : Wiyanto | Jumat, 14 September 2018 - 08:39 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.842-14.830. Pergerakan USD yang cenderung tertekan diharapkan dapat berimbas positif pada pergerakan Rupiah. Dengan demikian, pelemahan dapat diharapkan berkurang.

"Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah," kata analis Pasar Modal Reza Priyambada di Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Ia bilang, adanya himbauan sekaligus pernyataan dari Lembaga Pemeringkat Moody’s terkait dengan pelemahan Rupiah direspon cukup varaitif pelaku pasar. Akibatnya pergerakan Rupiah cenderung bergerak stagnan. Dalam kesempatannya, Moody’s menyampaikan kondisi fundamental ekonomi Indonesia saat ini masih bisa mengatasi pelemahan Rupiah. Namun, jika pelemahan rupiah berlanjut semakin dalam, maka berpotensi menimbulkan dampak negatif yang lebih luas.

Apalagi, katanya, pemerintah dan korporasi banyak bergantung terhadap pendanaan dari luar. Dari sentimen global, terlihat pergerakan USD cenderung melemah seiring berkurangnya permintaan atas mata uang _safe haven_, USD.

"Penurunan ini setelah merespon rencana pemerintah AS yang akan melakukan renegosiasi dagang dengan Tiongkok. Selain itu, juga terimbas turunnya indeks harga konsumen AS," katanya.