Rupiah Bergejolak, Pengerjaan Proyek Strategis Tak Ditunda

Oleh : Herry Barus | Jumat, 07 September 2018 - 12:45 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Untuk menyelamatkan rupiah dari pelemahan, pemerintah akan menghentikan sementara beberapa proyek infrastruktur. Tujuannya untuk mengurangi impor bahan baku yang selama ini turut membebani devisa negara.

Namun Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, bahwa proyek-proyek infrastruktur terkait perhubungan tidak akan dihentikan. Sebab Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menegaskan proyek strategis nasional (PSN) tidak akan dihentikan.

"Presiden mengatakan proyek-proyek strategis nasional enggak ada yang di-stressing, jalan terus," tuturnya di Menara DEA, Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Budi juga menegaskan, proyek-proyek terkait infrastruktur perhubungan dipertahankan lantaran dinilai memiliki dampak terhadap perekonomian yang besar, sehingga diputuskan untuk tetap dipertahankan.

"Bahkan saya sampaikan dalam rapat seperti di (Pelabuhan) Patimban ini akan berikan suatu keberkahan terhadap dunia konektivitas laut yang luar biasa. Jadi tetap jalan," ujarnya.

Meski begitu, Jokowi, kata Budi menegaskan bahwa proyek strategis nasional harus efisien dalam biaya, memiliki lokal konten yang besar, serta harus mengikutsertakan pemain lokal.

"Sehingga kita punya penyerapan tenaga kerja, menghemat devisa, bahkan kita juga bisa menjadi sumber devisa kita sendiri," tambahnya.