DPR Nilai Fondasi Perekonomian Nasional Kondisi Baik

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 September 2018 - 07:20 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Anggota Komisi XI DPR Johnny G Plate mengingatkan bahwa fondasi perekonomian nasional dalam keadaan baik meski pada saat ini nilai tukar rupiah mengalami pelemahan terhadap dolar Amerika Serikat.

"Fondasi perekonomian kita baik, jangan diberikan kesan bahwa situasi ekonomi Indonesia memburuk," katanya di Jakarta, Rabu (5/9/2018)

Politisi Nasdem itu mengingatkan bahwa negara lain seperti Argentina dinilai mengalami pelemahan mata uangnya yang lebih parah jika dibandingkan dengan Indonesia.

Untuk itu, ujar dia, sudah sepantasnya bila apresiasi diberikan kepada pemerintah yang tetap dapat menjadikan rupiah dalam kondisi terkendali meski adanya tekanan global.

"Faktor eksternal sangat besar, yang perlu direspons dengan kekuatan yang solid karena terkait dengan kepentingan nasional," katanya.

Ia menyarankan kepada seluruh elite politik untuk tidak membuat kegaduhan politik yang dinilai dapat melemahkan rupiah ke depannya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa kondisi perekonomian nasional cukup baik namun perlu diwaspadai dampak buruk kondisi yang terjadi di Argentina.

"Kami bersama OJK, BI, dua Menko dan Mendag melaporkan kondisi terkini perekonomian Indonesia," kata Sri Mulyani