BJHabibie Tekankan Peneliti Muda Orientasi Kebutuhan Rakyat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 10 Agustus 2018 - 14:12 WIB

INDUSTRY.co.id - Pekanbaru- Presiden Ketiga Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie berpesan agar para peneliti muda bersikap konsisten dan berorientasi pada kebutuhan rakyat.

"Kita harus konsolidasi. Kita harus lebih bekerja sama sebagai satu tim dari Sabang sampai Merauke," kata Habibie seusai memberikan pidato kunci pada Pembukaan Kegiatan Ilmiah bertema "Riset, Inovasi Menuju Ekonomi Era Industri 4.0" di Pekanbaru, Riau, Kamis (9/8/2018)

Habibie mengatakan riset harus diarahkan kepada kebutuhan rakyat yang akan bisa berkembang bila inovasi dikembangkan dari dasar-dasar pemikiran ekonomi pasar Pancasila.

"Pasarnya ya orang-orang, yang beli kan ada di Timur, Utara. Kan kita sudah mempunyai satelit sekarang," jelasnya seperti dilansir Antara.

Dalam pidato kuncinya, Habibie mengatakan meskipun teknologi terus berkembang, dan dunia saat ini disebut-sebut memasuki era industri 4.0, tetap ada yang jauh lebih penting daripada teknologi.

"Robot tetap tidak akan bisa menggantikan manusia yang memiliki otak yang diciptakan Tuhan," ujarnya.

Habibie memberikan pidato kunci pada Pembukaan Kegiatan Ilmiah bertema "Riset, Inovasi Menuju Ekonomi Era Industri 4.0" dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional XXIII 2018 .

Acara tersebut dibuka Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir yang sekaligus memberikan arahan.