Pentingnya Kenali Perlindungan Seribu Hari Pertama Pada Anak

Oleh : Dina Astria | Senin, 23 Juli 2018 - 20:40 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Seribu hari pertama atau yang lebih dikenal dengan istilah golden time, ini merupakan masa dimana pertumbuhan anak sedang berkembang pesat. Dimulai sejak janin dalam kandungan terbentuk hingga 280 hari, 180 hari sejak kelahiran bayi hingga 6 bulan, dan 540 hari sejak bayi berusia 6 bulan hingga 2 tahun.

“Pada fase ini, terjadi pertumbuhan otak yang sangat pesat, pematangan saluran cerna, dan pembentukan kognitif,” papar dr. Natia Anjasari, Sp.A dari Brawijaya Women and Children Hospital, saat ditemui di media diskusi bersama Sleek Baby di Djakarta Theater XXI, Jakarta, siang tadi (23/7/2018).

Saat ibu dan bayi melewati golden time tentunya dibutuhkan perlindungan secara menyeluruh, melalui nutrisi dan stimulasi, serta higienitas pun harus sangat diperhatikan.

Namun, banyak orang tua yang terkadang tidak memperhatikan hal ini, khususnya soal higienitas atau kebersihan. Akibatnya, kurangnya asupan nutrisi, stimulasi, dan kebersihan dalam seribu hari pertama, bayi mengalami risiko gangguan pertumbuhan yang tidak optimal.

Kebersihan yang kurang terpelihara, membuat bayi rentan mengalami penyakit diare dan ISPA.

“Orang tua harus membisakan diri cuci tangan sejak bayi terus mengalami pertumbuhan. Biasakanlah mencuci tangan sebelum memegang bayi, setelah membersihkan bayi, sebelum dan setelah memberikan makan pada bayi, setelah memasak, dan lain-lain,” jelas dr. Natia lagi.

Dr. Nati bahkan menyayangkan, banyak bayi yang sakit hanya karena hal sepele. Misalnya, karena orang tua lupa mencuci tangan, atau mainan atau dot yang sudah jatuh si bayi memasukkan ke dalam mulutnya tanpa dibersihkan dulu.

“Itu yang paling sedih. Anak sudah dapat ASI atau susu formula dan MPASI bagus, tapi sakit-sakitan karena kebersihannya kurang,” tambahnya.