Per Juni 2018, Marketing Sales Bumi Serpong Damai Alami Lonjakan 50%

Oleh : Abraham Sihombing | Minggu, 22 Juli 2018 - 15:45 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Penjualan pemasaran (marketing sales) PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) tercatat sebesar Rp3,8 triliun pada paruh pertama 2018, melonjak 50% dibandingkan dengan realisasi marketing sales di periode yang sama pada 2017 sebesar Rp2,5 triliiun.

“Capaian marketing sales pada semester pertama tersebut telah mencapai 52% dari target marketing sales setahun penuh pada 2018 yang sebelumnya ditetapkan sebesar Rp7,2 triliun,” ungkap Hermawan Wijaya, Direktur BSDE, di Jakarta, Jumat (20/07/2018).

Hermawan mengemukakan, lonjakan marketing sales tersebut dikarenakan penjualan hampir seluruh segmen produk-produk properti mengalami pertumbuhan yang sangat positif. Karena itu, manajemen BSDE yakin target marketing sales tahun inidapat tercapai karena tren positif ini diprediksi bakal terus berlanjut hingga akhir tahun ini.

Hermawan menjelaskan, penjualan segmen residensial tumbuh 46% di semester pertama 2018 menjadi Rp1,72 triliun dibandingkan sebesar Rp1,05 triliun di periode yang sama 2017. Jumlah unit yang terjual meningkat dari 602 unit menjadi 823 unit.

Adapun, penjualan land plots mencatat pertumbuhan paling tinggi yaitu 543% dari Rp138 miliar menjadi Rp888 miliar. Selain itu, penjualan apartemen melonjak signifikan 420% dari Rp166 miliar menjadi Rp865 miliar dengan jumlah unit yang terjual meroket 10 kali lipat dari 92 unit menjadi 993 unit.

Peningkatan marketing sales BSDE, tidak lepas dari upaya meluncurkan produk-produk baru yang diminati konsumen. Pada semester pertama 2018, penjualan BSDE ditopang oleh peluncuran klaster baru di The Zora, Jadeite, Tevana dan Zeva di BSD City, dimana peluncuran tersebut didukung oleh program Easy Deal sejak April sampai Juli 2018.

“Hingga akhir Juni 2018, marketing sales dari segmen residensial telah mencapai 47% dari target tahun ini,” tukas Hermawan.

Sementara itu, demikian Hermawan, realisasi marketing sales di segmen komersial telah mencapai 58% dari target tahun ini. Lonjakan penjualan di segmen ini ditopang oleh peluncuran Klaska Residence di Surabaya dengan total penjualan Rp368 miliar dan Southgate Apartment di TB Simatupang, Jakarta Selatan dengan penjualan Rp275 miliar.

Adapun, BSD City masih menjadi penopang utama penjualan dengan kontribusi 45%, disusul Klaska Residence sebesar 10%, Southgate Apartment TB Simatupang 7%, MT Haryono 7%, The Zora 7%, Nava Park 6%, Kota Wisata & Legenda Wisata 5%, Taman Banjar Wijaya 3%, Grand City Balikpapan 3%, Grand Wisata 3% dan sisanya dari The Elements, Taman Permata Buana, dan Akasa.

Ke depan, menurut Hermawan, BSD City berencana meluncurkan klaster terbaru Kimora di The Zora pada akhir Juli 2018. The Zora adalah proyek patungan antara perseroan dengan Mitsubishi Corporation, dimana kepemilikan saham BSDE mencapai 40%. (Abraham Sihombing)