Suku Bunga BI Sentimen Positif Rupiah Hari Ini

Oleh : Wiyanto | Kamis, 19 Juli 2018 - 08:05 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.407-14.395. Pertahanan Rupiah di teritori positif tampaknya tidak mampu bertahan lebih lama seiring mulai adanya sentimen negatif dari menguatnya laju USD.

Analis Pasar Modal Reza Priyambada menyebutkan, adanya sentimen tersebut dikhawatirkan dapat membuka peluang pelemahan lebih lanjut seiring belum adanya sentimen yang signifikan dapat membuat laju Rupiah bertahan di zona hijaunya.

"Adanya RDG Bank Indonesia yang sementara ini diperkirakan akan tetap mempertahankan suku bunganya diharapkan dapat menahan pelemahan Rupiah lebih lanjut. Jika tidak, waspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah," katanya di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Pergerakan mata uang USD, lanjut dia, masih bergerak positif seiring optimisme yang disampaikan Gubernur The Fed, Jeremy Powell. Dalam pidatonya, ia percaya bahwa ekonomi AS akan bertumbuh stabil dan risiko dari imbas adanya perang dagang akan cenderung mengecil.

"Akibat dari sentimen tersebut, laju Rupiah cenderung tertekan dan kembali melemah," katanya.