Jababeka Jaring Investor Taiwan Kembangkan KEK Morotai

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 16 Juli 2018 - 19:11 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Kawasan Industri Jababeka Tbk, (KIJA) menjajaki kerjasama dengan Taiwan External Trade Development Council (Taitra) atau Dewan Pengembangan Eksternal Taiwan untuk pengembangan kawasan Indonesia Timur, yaitu melalui Kawasan Ekonomi Khusus Morotai.

Dalam acara Networking Dinner yang berlangsung hari ini, Senin (16/7/2018) Chairman Jababeka Group SD Darmono mengatakan, pulau Morotai sangat strategis sebagai pintu gerbang Indonesia dari timur. “Jika tidak strategis, mustahil bagi Jenderal McArthur untuk menggunakannya sebagai pangkalan militer dalam perang dunia II,” ujar Darmono

Darmono juga menambahkan, "Tapi kami masih memulai kerja sama ini dari Jakarta. Untuk memberi pengertian kepada pebisnis lain untuk memahami mimpi ini."

Sedangkan James CF Huang menjelaskan bahwa 2017 adalah tahun yang baik untuk Taiwan. "Perdagangan bilateral Indonesia dan Taiwan pada 2017 meningkat 8 juta dolar AS atau sekitar 15 persen dari tahun sebelumnya. Dan investasi Taiwan ke Indonesia meningkat 166 persen tahun itu," katanya.

James berkata, "Semua ini menunjukkan bahwa Indonesia dan Taiwan memiliki prospek kerja sama yang menjanjikan.

"TAITRA akan mendukung semua bentuk kerja sama yang diusulkan oleh KADIN,” pungkasnya

Sebagai informasi, Taiwan sedang menerapkan kebijakan Kebijakan Southbound Baru atau kebijakan strategi perdagangan dan ekonomi yang mempertajam peran penting bagi perkembangan negara-negara di kawasan ASEAN dan Asia Selatan. Melalui kebijakan Kebijakan Selatan Baru diharapkan hubungan perdagangan antara Indonesia dan Taiwan dapat bergerak maju ke tingkat yang lebih baik