Harga Emas Turun Didikte Apresiasi Dolar

Oleh : Wiyanto | Rabu, 20 Juni 2018 - 16:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Emas terperosok walaupun situasi perdagangan yang semakin tegang telah menimbulkan kewaspadaan di pasar finansial dan di kalangan investor.

Lukman Otunuga, Research Analyst FXTM  mengatakan, faktor utama yang memengaruhi penurunan harga emas adalah apresiasi Dolar AS.

“Emas terancam semakin melemah karena Dolar sepertinya tetap akan menguat dengan sentimen bullish terhadap ekonomi AS dan peningkatan ekspektasi kenaikan suku bunga AS,” ujar dia di Jakarta, Rabu (20/6/2018).

Ia katakan, ada argumen bahwa logam mulia ini berpotensi memantul didukung oleh ketegangan dagang dan ketidakpastian geopolitik, namun apresiasi Dolar dapat terus menghalangi kenaikan harga emas.

Dari sisi teknis, lanjut dia, emas tetap tertekan pada kerangka waktu mingguan. Jika emas terus melemah di bawah $1280 maka ini dapat menjadi indikasi awal bahwa bears kembali berkuasa.

“Level support sebelumnya di sekitar level ini dapat berubah menjadiresistance dinamis yang membuka jalan menuju $1264,” katanya.