Selama Lebaran, Total Penumpang Angkutan Udara Naik 6,35 Persen

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 20 Juni 2018 - 10:31 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan pertumbuhan penumpang angkutan udara pada tahun 2018 mengalami kenaikan sebesar 6.35%. Sampai dengan H+2 (18/6) total penumpang mencapai 2.390.501 dari tahun 2017 yang sebesar 2.247.687.

Hal ini disampaikan Menhub usai melakukan kunjungan ke Posko Utama Nasional Lebaran di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (19/6).

“Dari yang dilaporkan pertumbuhan penumpang angkutan udara naik sekitar 6 persen dari yang direncanakan sebesar 4 persen. Artinya apa yang kita rencanakan dimana okupansi naik dan para maskapai menggunakan pesawat yang lebih besar,” terang Menhub.

Sedangkan total pesawat udara sampai dengan H+2 sebanyak 1.329. Jumlah ini naik sebesar 0.43% dari tahun 2017 sebanyak 1.290 pesawat.

Terkait On Time Performance (OTP), Menhub mengatakan OTP maskapai penerbangan mencapai 77% sehingga tidak ada keluhan adanya keterlambatan.

“Hasil koordinasi antara Airnav, PT Angkasa Pura II, hasil OTP maskapai penerbangan mencapai 77%. Ini merupakan suatu prestasi yang baik. Dari hasil yang paling baik adalah tidak ada keluhan-keluhan berkaitan dengan keterlambatan atau delay pesawat,” ujar Menhub.

Dalam hal keamanan bandara, menurut laporan tidak ada kejadian yang menonjol yang berhubungan langsung dengan penerbangan.

Dalam kunjungannya Menhub juga melakukan video conference dengan beberapa lokasi diantaranya Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Kemenhub, Angkasa Pura 2 Kualanamu dan Terminal Pekalongan. Dilaporkan masing-masing wilayah tersebut dalam kondisi aman terkendali.

Hadir dalam kunjungan Menhub diantaranya Irjen kemenhub Wahju Satrio Utomo, Staf Ahli Bidang Teknologi Lingkungan dan Energi Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono, Direktur Keselamatan, Keamanan dan Standardisasi Airnav Yurlis Hasibuan, Kapolres Bandara Soekarno Hatta AKBP Viktor Togi Tambunan.