Jalur Pansela Berdampak Meningkatnya Pertumbuhan Usaha-Usaha Baru

Oleh : Herry Barus | Jumat, 15 Juni 2018 - 07:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kamrussamad menilai jalur Pansela dipastikan dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Pemerintah akan berhasil mendorong pembangunan ekonomi berbasis pemberdayaan masyarakat.

"Begitu akses jalan terbuka maka ekonomi lokal akan tumbuh dengan sendirinya. Itu sudah pasti akan mendorong usaha-usaha baru," ungkap Kamrussamad pendiri KAHMI Preneur


Selain itu, perlu adanya komitmen dari pemerintah daerah dan investor untuk memberikan ruang bagi pelaku UMKM atau pengusaha lokal, sehingga mereka bisa mendapatkan dampak perekonomian langsung dari pembangunan yang telah dilakukan pemerintah.

Ia menyatakan optimistis bahwa pemerintah akan berhasil mendorong pembangunan ekonomi berbasis pemberdayaan masyarakat.

"Misalnya ada 10 juta wirausaha baru dalam lima tahun kepemimpinan Jokowi, bayangkan berapa yang bisa terserap. Kalau hanya mengandalkan APBN, ada keterbatasan. Tapi kalau wirasuaha yang digalakkan, itu berpotensi membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat," tutur pria biasa disapa Samad itu.

Sementara itu di tempat terpisah Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes) Anwar Sanusi juga meyakini jalur Pansela dapat membuka akses pembangunan perekonomian masyarakat termasuk di kawasan perdesaan.

"Pansela adalah terobosan luar biasa untuk memotong rantai biaya transportasi, dan membuka isolasi wilayah selatan," ungkap Sanusi.