Toyota Siap Bantu Pemerintah Indonesia Bangun Industri Mobil Listrik di Dalam Negeri

Oleh : Ridwan | Sabtu, 19 Mei 2018 - 15:10 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) siap mendukung pemerintah Indonesia untuk membangun industri mobil listrik di tanah air.

Hak tersebut di sampaikan oleh Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono seusai menemui Menteri Perindustrian Airlangga Hartartk di Gedung Kemenperin, Jakarta (18/5/2018).

"Ini kan semua atas arahan Kemenperin, secara teknis tadi sudah disampaikan bahwa membangun industri, memperkenalkannya kepada masyarakat, itu akan terus didukung. Sudah sebuah keniscahyaan bahwa Indonesia harus menuju ke situ," ujar Warih.

Menurut dia, Toyota di Indonesia akan mempersiapkan diri untuk turut membangun industri mobil listrik di Tanah Air.

"Indonesia harus mempersiapkan seluruh pemangku kepentingan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Kementerian Perindustrian bersama stakeholder terkait sedang mereviu peta jalan arah kebijakan dan pengembangan industri alat transportasi nasional dalam rangka menyesuaikan cepatnya perkembangan teknologi industri otomotif, dengan salah satu tujuannya untuk mendorong produksi kendaraan LCEV.

Adapun target pengembangan kendaraan listrik sudah menjadi bagian dari roadmap pengembangan kendaraan bermotor nasional.

Di dalam peta jalan tersebut, pada tahun 2025, ditargetkan 20 persen dari kendaraan yang diproduksi di Indonesia adalah kendaraan LCEV termasuk kendaraan listrik.