Waspadalah Rupiah Kian Dekati 14000

Oleh : Wiyanto | Rabu, 25 April 2018 - 10:28 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran pada kisaran support 13888 dan resisten 13878.Tetap cermati dan waspada terhadap sentimen yang membuat laju Rupiah kembali tertahan kenaikannya.

Analis Binaartha Institutional Research Reza Priyambada mengatakan, pergerakan Rupiah yang tertahan pelemahannya memberikan peluang positif pada laju Rupiah lebih lanjut. Diharapkan pelemahan terbatas ini dapat kembali berlanjut sehingga Rupiah dapat menemukan momentum kenaikannya kembali.

"Pelemahan yang kembali terjadi pada Rupiah cenderung diakibatkan adanya imbas dari pergerakan mata uang USD seiring efek psikologis yang ditimbulkan," kata dia di Jakarta, Rabu (26/4/2018).

Ia menyebutkan, pasca melemah, laju rupiah mencoba kembali berbalik menguat meski terbatas seiring masih adanya adanya imbas kenaikan laju USD. Kembali menguatnya laju imbal hasil obligasi AS memberikan dorongan pada mata uang USD seiring perkiraan akan dinaikannya tingkat suku bunga The Fed. Akan tetapi, di tengah kenaikan USD tersebut pergerakan EUR mencoba mengimbanginya sehingga imbas kenaikan USD tidak terlalu besar terhadap pergerakan EUR.

"Begitu pun dengan pergerakan Rupiah yang memanfaatkan kenaikan EUR untuk dapat bergerak positif. Sementara itu, dari dalam negeri terdapat sejumlah sentimen positif antara lain langkah BI yang melakukan intervensi untuk mencegah pelemahan Rupiah lebih lanjut," katanya.