Menperin Airlangga Beberkan Pertumbuhan Ekonomi Morowali di Hadapan Mahasiswa Univeristas Tadulako

Oleh : Ridwan | Sabtu, 21 April 2018 - 15:45 WIB

INDUSTRY.co.id - Palu, Salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah, Morowali saat ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan. 

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan kuliah umum di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah (20/4/2018).

"Pertumbuhan di Morowali mencapai 60 persen atau 12 kali dari pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Airlangga. 

Menurutnya, hal ini karena ditopang oleh perusahaan-perusahaan yang beroperasi di kawasan industri Morowali. 

"Jadi, ada nilai tambah yang tinggi. Kita punya tambang nikel yang diolah menjadi stainless steel," tetangnya. 

Industri smelter nikel di Morowali telah dikenal hingga mancanegara dengan kualitas produknya nomor satu di Asia Tenggara. Untuk itu, Airlangga berharap, generasi muda ikut berperan dalam memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

"Kami mendorong agar mahasiswa menyiapkan diri menjadi pemimpin di masa depan dengan aspirasi Industri 4.0 sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0," tutur Airlangga. 

Kementerian Perindustrian telah membangun Politeknik Industri Logam Morowali agar menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten sesuai kebutuhan industri di kawasan tersebut, sehingga mudah melakukan penyerapan tenaga kerja. 

“Kami berharap juga para mahasiswa Universitas Tadulako dapat menjadi entrepreneur yang mengisi KEK Palu, terutama usaha yang berbasis furnitur karena kami telah membangun Pusat Inovasi Rotan Nasional (PIRNas)," pungkasnya.