Dihadapan Mahasisawa Tandulako, Menperin Dorong Generasi Milenial Jadi Enterpreneur

Oleh : Ridwan | Jumat, 20 April 2018 - 16:57 WIB

INDUSTRY.co.id - Palu, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong generasi milenial khususnya di Provinsi Palu, Sulawesi Tengah untuk menjadi enterpreneur atau start-up muda. 

"Kita akan dorong mereka untuk jadi start-up atau enterpreneur," ujar Airlangga usai memberikan kuliah umum di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (20/4/2018).

Ia menambahkan, nantinya kita akan dorong para start-up muda ataupun enterpreneur untuk mengisi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu. 

"Didalam KEK Palu ada Pusat Inovasi Rotan Nasional (Pirnas) dan kita berharap nantinya mereka bisa menjadi enterpreneur yang mengisi KEK atau enterpreneur berbasis furnitur," terangnya. 

Terkait minimnya penyerapan tenaga kerja lokal, Menperin menegaskan, industri di Sulawesi Tengah ini kan masih terbatas, dan masih dalam proses. 

"KEK juga baru KI Morowali juga baru, ini masih dalam proses untuk menyerap tenaga kerja lokal," kata Airlangga. 

Menurutnya, kebutuhan akan tenaga kerja lokal di Palu masih cukup banyak. Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuat Politeknik khusus di Morowali agar kebutuhan dan skill antara Universitas dan SMK itu sama. 

Menperin berharap dengan adanya KEK Palu dan KI Morowali dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal, serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.