PLTU Mamuju Suplai Listrik Industri di Sulawesi Barat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Januari 2017 - 12:24 WIB

INDUSTRY.co.id - Mamuju- Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang dibangun di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, akan menyuplai kebutuhan listrik untuk industri yang ada di wilayah provinsi tersebut.

Pejabat Gubernur Sulbar Carlo Brix Tewu, di Mamuju, Kamis (19/1/2017) kepada Antara  mengatakan, PLTU Mamuju yang dibangun tersebut memiliki kapasitas 2x25 megawatt, dan akan beroperasi pada Desember 2017 mendatang.

Ia mengatakan, pemerintah Sulbar memberikan dukungan terhadap pembangunan PLTU tersebut sehingga ketika terjadi permasalahan dalam pembangunannya akan dicarikan solusi untuk menyelesaikan.

Ia berharap dengan hadirnya PLTU tersebut dapat mendukung pembangunan di Sulbar dan meminta kepada perusahaan pelaksana pembangunan PLTU tersebut agar memanfaatkan sumber daya manusia lokal untuk membangun PLTU tersebut sebagai tenaga kerja.

"Manfaatkan tenaga kerja lokal jangan ambil dari luar, meskipun dari luar handal dan terampil, pekerja lokal daerah ini harus juga diberdayakan kedepannya sebagai tenaga kerja untuk meningkatkan kesejahteraannya," katanya.

Begitu juga kata dia, dengan kebutuhan batu bara untuk pembangkit PLTU tersebut sebaiknya tidak diambil dari luar, namun memanfaatkan sumber daya batu bara yang dimiliki Sulbar ini.