2017, Kemenkop Bangun Dua Gedung PLUT Bagi KUMKM

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 18 Januari 2017 - 14:48 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Kementerian Koperasi dan UKM akan membangun gedung pusat layanan usaha terpadu (PLUT) bagi Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) di dua lokasi.  Yaitu di Kabupaten Lima Puluh, Provinsi Sumatera Barat, dan Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Riau untuk tahun 2017.

"Adapun project pembangunan PLUT memakai alokasi Dipa APBD. Biaya pembangunan gedung PLUT mencapai Rp 3 miliar," kata Deputi Restrukturisasi dan Usaha Kemenkop & UKM Yuana Setyowati, di kantornya Rabu (18/1/2017).

Kata Yuana, pembangunan dua PLUT tersebut ditargetkan rampung pada November 2017. Pemilihan PLUT di Anambas sekaligus menunjukkan komitmen pemerintah dalam membangun daerah perbatasan.

"Pembangunan Anambas itu bentuk komitmen kami terhadap daerah perbatasan. Akses kesana sulit, pakai pesawat satu Minggu cuma dua kali dan naik boat itu delapan jam. Untuk itu kita minta  kontribusi dari APBD," jelas dia.

Sebagai informasi, Kementerian Koperasi dan UKM telah melaksanakan program pembangunan PLUT di tujuh lokasi. Yaitu Lampung, Bengkulu, Kabupaten Belitung, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Malang, Sulawesi Tengah  dan  Kabupaten Sumba Barat Daya.

Sebanyak 41 konsultan pendamping hasil rekrutmen di tahun 2016 telah aktif bekerja sejak bulan Januari 2017 di 7 lokasi  PLUT KUMKM .