Bangkitkan Kembali Permainan Tradisional, Combantrin Gandeng LPAI Luncurkan Gerakan Nasional #JamMainKita

Oleh : Hariyanto | Kamis, 22 Maret 2018 - 11:44 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Johnson & Johnson Indonesia melalui produk unggulannya Combantrin – yang dikenal sebagai produk obat cacing terkemuka yang berfokus pada kesehatan anak – bekerja sama dengan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), pada hari ini meluncurkan inisiatif terbarunya berupa gerakan nasional#JamMainKita. 

Gerakan sosial ini bertujuan untuk mengajak anak-anak Indonesia agar lebih mengenal permainan tradisional sekaligus mengajak mereka untuk aktif bermain di luar rumah bersama keluarga tanpa rasa khawatir terkena infeksi cacing dengan kehadiran Combantrin.  

Lakish Hatalkar, Presiden Direktur PT Johnson & Johnson Indonesia mengatakan, Dengan kemajuan teknologi, saat ini banyak keluarga Indonesia mengandalkan gawai (gadget) dan bahkan lebih menyukai apabila anak-anak mereka memilih bermain di dalam rumah. Kondisi ini telah mengubah definisi anak - anak tentang bermain. 

"Padahal bermain permainan tradisional di luar ruangan banyak melibatkan aktivitas fisik yang mendorong stimulasi motorik dan psikologis anak yang akan membantu perkembangannya. Kondisi inilah yang melatarbelakangi Combantrin untuk meluncurkan gerakan sosial #JamMainKita." katanya di Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Bekerjasama dengan LPAI, lanjut Lakish, inisiatif ini juga merupakan bentuk dukungan Combantrin terhadap program pemerintah, GERMAS (Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat) yang diterapkan bagi semua kelompok populasi khususnya bagi anak – anak dan juga membantu menekan angka prevalensi cacingan (28,12%) yang saat ini masih menjadi masalah kesehatan utama di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Seto Mulyadi selaku Ketua LPAI atau yang biasa disapa dengan Kak Seto menyadari bahwa Indonesia kaya akan budaya dan memiliki banyak permainan tradisional yang hampir terlupakan.

"Kami berharap #JamMainKita bisa menjadi kesempatan untuk memperkenalkan dan mempopulerkan kembali permainan tradisional kepada generasi muda kita. Permainan tradisional juga bisa menjadi media untuk melestarikan nilai budaya dan tradisi daerah yang menjadi kekayaan bangsa kita." kata Kak Seto.

Gerakan sosial #JamMainKita juga sebagai bentuk komitmen PT Johnson & Johnson Indonesia melalui Combantrin, untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak Indonesia, dengan mengedukasi masyarakat akan pentingnya memulai gerakan hidup sehat melalui serangkaian kegiatan, salah satunya bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Pusat dimana Johnson & Johnson Indonesia turut mendukung dan memprakarsai kampanye 'Gerakan Waspada Cacingan' yang diresmikan oleh Ibu Negara Indonesia, Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla pada November 2015 lalu.

Sebagai rangkaian kegiatan gerakan sosial #JamMainKita, pada Hari Minggu tanggal 25 Maret 2018 mendatang, Combantrin akan menggelar tempat bermain permainan tradisional saat Car Free Day bertempat di Area Silang Timur Monumen Nasional (MONAS) Jakarta. Acara ini terbuka untuk umum dan akan dimulai sejak pukul 06.00 WIB di pagi hari.

“Selain itu, kami juga ingin mengundang masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam memberikan suara untuk ikrar (pledge) yang kami selenggarakan demi meyakinkan para orangtua di Indonesia agar tetap mengizinkan anak-anak mereka kembali bermain di luar rumah bersama keluarga dan melakukan tindakan pencegahan dari infeksi cacing,” ujar Rays Mitchelle, Brand Manager Combantrin.